Tubuh Pendek Bukan Karena Angkat Beban

Tubuh Pendek Bukan Karena Angkat BebanProgramFitnes.com – Pertumbuhan tubuh manusia dipengaruhi oleh banyak faktor, baik internal  seperti genetik dan faktor eksternal seperti nutrisi dan lingkungan. Namun banyak mitos yang beredar di kalangan masyarakat bahwa olahraga angkat beban dapat menghambat pertumbuhan tinggi badan. Benar atau tidaknya mitos tersebut mari kita bahas dalam artikel kali ini.

Sebenarnya yang paling memegang peranan penting dalam kondisi fisik manusia adalah kondisi genetik manusia itu sendiri. Gen yang mempengaruhi tinggi rendahnya badan seseorang dinamakan HMGA2. Perubahan sebuah huruf dasar pada kode genetik HMGA2 yaitu sebuah C yang disingkat dengan Cytosine akan mempengaruhi tinggi rendahnya badan seseorang yang hanya akan mendapatkan C dari salah satu orang tuanya akan lebih tinggi setengah centimeter dari yang hanya memiliki huruf T yang disingkat Thymin. Demikian pula bisa seseorang yang memiliki C ganda akan membuat mereka tumbuh tinggi satu centimeter dari yang memiliki T ganda. Dan masih adalah lagi gen-gen yang berkaitan dengan   tinggi badan.

jual suplemen fitnes

Pada latihan angkat beban, dengan pola latihan  yang benar akan memberikan efek yang baik bagi tubuh anda selama dilakukan dalam batas kewajaran. Pada usia pertumbuhan, umumnya apabila ingin memulai latihan angkat beban lebih dianjurkan menggunakan beban yang tidak terlalu berat, dengan teknik gerakan yang benar dan jumlah repetisi yang memang diperuntukkan untuk melatih kekuatan otot agar terlihat lebih proporsional. Biasanya digunakan beban yang sedang dengan repetisi tinggi 15-20 repetisi dalam setiap set.

Selain itu, pada usia muda lempeng pertumbuhan tulang masih berkembang, sehingga dengan teknik yang benar dan beban yang tepat akan menghindarkan diri anda dari cedera. Sehingga apabila anda ingin berolahraga di usia muda penting sekali mendapatkan arahan dari personal trainer agar dapat menghindari cedera akibat kesalahan teknik pada saat mengangkat beban. Angkat beban akan membantu meningkatkan kepadatan tulang anda, sehingga akan terhindar dari tulang yang keropos. Faktor nutrisi juga sangat penting dalam pertumbuhan, pastikan anda cukup asupan kalsium dan zat besi dalam makanan harian, untuk meningkatkan pertumbuhan tubuh anda menjadi lebih baik lagi.

Pada kesimpulannya, angkat beban tidak mempengaruhi tinggi rendahnya badan seseorang. Angkat beban malah akan meningkatkan kepadatan tulang dan meningkatkan kekuatan tubuh anda, jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memilih olahraga angkat beban dalam rutinitas harian walaupun usia anda masih muda atau masih dalam usia pertumbuhan.

jual suplemen fitnes
BAGIKAN