Turunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Yoghurt

Turunkan Kolesterol Secara Alami Dengan Yoghurt

ProgramFitnes.com – Pasti anda sudah mengenal produk olahan dari susu sapi yang satu ini. Dan bagi anda penggemar yoghurt, pasti sudah tahu jika bakteri prebiotik dalam produk olahan susu tersebut sangat menyehatkan pencernaan anda. Akan tetapi, banyak yang belum tahu bahwa yoghurt juga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda, sehingga membuat yoghurt sangat baik untuk dikonsumsi rutin untuk mengurangi risiko timbulnya penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung.

Manfaat yoghurt ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Shiraz University Of Medical Science And Armenian Agricultural Academy terhadap 46 orang responden yang memiliki kadar kolesterol 200-300 mg/dl. Penelitian dilakukan dengan memberikan 300 gram yoghurt yang mengandung prebiotik pada sebagian responden secara rutin setiap hari selama empat minggu, sedangkan setengahnya diberikan yoghurt yang tidak mengandung prebiotik.

Hasilnya, setengah responden yang mengkonsumsi yoghurt mengandung prebiotik mengalami penurunan kadar kolesterol LDL secara signifikan dibandingkan dengan setengah responden lainnya yang mengkonsumsi yoghurt biasa tanpa mengandung prebiotik. Untuk mendapatkan hasil seperti penelitian diatas, anda dianjurkan untuk mengkonsumsi yoghurt sebanyak 200 gram/hari dan mengkonsumsinya bersamaan dengan buah dan sayuran.

Bakteri prebiotik pada yoghurt selain ampuh untuk menurunkan kolesterol LDL, yoghurt juga ampuh untuk mengatasi intoleransi laktosa atau anda yang tidak bisa mengkonsumsi susu karena alergi laktosa. Karena kandungan asam laktat pada yoghurt membantu mengubah laktosa menjadi bentuk yang lebih sederhana, karena hal inilah yoghurt bisa menjadi alternatif sumber kalsium selain susu bagi anda yang alergi pada laktosa sehingga tidak dapat mengkonsumsi susu sapi.