Waspada, Anda Mudah Kekurangan 5 Nutrisi Penting Ini!

ProgramFitnes.com – Ketika kita bicara soal diet ataupun kebugaran, makronutrien seperti protein, karbohidrat, dan lemak adalah yang paling banyak dibahas, sementara nutrisi mikro seolah terlupakan. Karena terfokus pada makro, kita bahkan tidak menyadari jika tubuh kita kekurangan mikronutrien.

Padahal, nutrisi-nutrisi mikro seperti vitamin, mineral, dan asam lemak juga memiliki peranan penting dalam mengatur fungsi tubuh kita, dan tentunya mendukung latihan serta aktivitas sehari-hari. Inilah beberapa nutrisi penting yang sering terlewatkan oleh Anda!

1. Vitamin D

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com
jual suplemen fitnes

Vitamin yang larut dalam lemak ini membantu tubuh menyerap kalsium, mineral penting yang menjaga tulang Anda tetap sehat dan kuat. Selain itu, vitamin D juga mengaktifkan sejumlah neuromuskular dan fungsi imun, serta mengurangi inflamasi. Vitamin ini juga membantu menjaga berat badan ideal, lho.

Kekurangan vitamin D umumnya disertai dengan sakit pada tulang dan lemah pada otot. Tapi, hal ini memungkinkan juga timbulnya gejala depresi dan masalah pada saluran cerna.

Makanan-makanan yang mengandung vitamin D antara lain ikan, lemak, hati sapi, keju, kuning telur, dan makanan yang diperkaya, seperti susu, sereal, dan yogurt. Selain itu, sinar matahari juga mengaktifkan pembentukan vitamin D di kulit Anda.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin D, Anda bisa menambahkan suplemen yang mengandung antara 2.000-4.000 IU.

2. Vitamin E

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Vitamin E merupakan vitamin larut dalam lemak yang berfungsi sebagai antioksidan sekaligus membantu dalam pengiriman sinyal di sel, fungsi imun, dan perbaikan sel. Selain itu, ia juga penting dalam produksi prostaglandin, zat yang mengatur beragam hal mulai dari tekanan darah sampai kontraksi otot.

Kadar vitamin E yang rendah sangat umum terjadi dan dapat menyebabkan masalah saluran cerna, rambut rontok, kelemahan otot, pemulihan yang lamban, dan kram. Kekurangan vitamin E lebih lanjut juga dapat menimbulkan hilangnya massa otot, gangguan penglihatan, sampai masalah hati dan ginjal.

Untungnya, tak seperti vitamin D, ada beragam makanan yang mengandung vitamin E. Kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur (seperti kelapa dan kanola) adalah sumber terbaik alfa-tokoferol. Makanya, pastikan Anda memasukkan makanan-makanan tersebut dalam diet Anda.

3. Asam Lemak Omega-3

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Omega-3 dianggap sebagai asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat menciptakan asam lemak ini tanpa sumber yang memadai. Asam lemak punya beragam peran yang penting bagi tubuh, antara lain dalam memperbaiki komposisi tubuh, sensitivitas insulin, dan membantu tubuh menggunakan karbohidrat dengan lebih efisien untuk energi dan pembentukan otot.

Kurang omega-3 dapat menyebabkan kelelahan, ingatan yang kurang baik, kulit kering, masalah jantung, dan mood swing. Ada tiga bentuk utama omega-3: DHA, EPA dan ALA. Dimana DHA dan EPA terkandung dalam makanan laut seperti salmon, makarel, ganggang, dan rumput laut, serta telur dan ayam. Sementara ALA terkandung dalam sayuran hijau, kacang tanah, walnut, alpukat.

Usahakan untuk mengkonsumsi dua sajian ikan lemak setiap minggu, atau suplementasikan dengan minyak ikan yang mengandung DHA dan EPA. Kurangi pula konsumsi makanan tinggi omega-6 yang bisa menyebabkan inflamasi.

4. Magnesium

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

Magnesium punya berbagai peranan; ada lebih dari 300 enzim yang bergantung pada magnesium dalam tubuh Anda! Enzim-enzim ini mengatur berbagai hal, mulai dari tekanan darah sampai fungsi otot dan saraf. Mineral ini juga penting bagi pembentukan energi serta sintesa DNA, tulang, dan otot.

Gejala yang timbul akibat kekurangan magnesium meliputi hilangnya nafsu makan, mual, muntah-muntah, kelelahan, dan kelemahan otot. Selain itu, Anda juga bisa merasakan sulit tidur serta kejang dan kram pada otot.

Untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian Anda, komsumsi sayuran hijau (bayam), kacang-kacangan (almond, mete), biji-bijian (wijen, biji bunga matahari), ikan, tahu, polong-polongan, pisang, dan cokelat hitam. Kurangi pula hal-hal yang bisa mengurangi kadar magnesium dalam tubuh, seperti soda, tingkat stres yang tinggi, dan penggunaan diuretik.

5. Vitamin A

Image credit: bodybuilding.com
Image credit: bodybuilding.com

VItamin A mendukung penglihatan, fungsi imun, reproduksi, dan pembentukan janin. Tapi, vitamin ini juga berperan penting dalam menjaga fungsi jantung, paru-paru, ginjal, dan organ-organ lainnya.

Asupan vitamin A yang kurang bisa menimbulkan rabun ayam, iritasi kulit, sakit kepala, mual, nyeri otot dan sendi, serta gangguan keseimbangan.

Untuk menghindari kekurangan vitamin A, perbanyak konsumsi sayuran dan buah berwarna kuning dan hijau seperti paprika, wortel, aprikot, dan mangga. Vitamin A juga terkandung dalam jeroan, ikan lemak, dan susu.

Nah, selama Anda memperhatikan asupan makanan di atas, Anda takkan kekurangan nutrisi-nutrisi penting tadi. Selamat mencoba!

jual suplemen fitnes