Waspada Penyakit Akibat Obesitas

Waspada Penyakit Akibat ObesitasProgramFitnes.com – Mudah sekali mengenali obesitas, perut buncit adalah salah satu tanda awalnya. Perut buncit akibat obesitas tidak hanya mengganggu penampilan , tapi juga membuat anda rentan terkena penyakit yang pada akhirnya akan mengurangi harapan untuk hidup.

Berikut beberapa penyakit berbahaya akibat obesitas yang patut anda ketahui dan waspadai :

jual suplemen fitnes

1. Penyakit Jantung

Penumpukkan lemakĀ  yang terjadi di dalam tubuh akan meningkatkan resiko penyakit jantung, karena lemak yang menumpuk akan menyebabkan penebalan dinding ventrikel kiri jantung. Penebalan ini lama kelamaan akan memicu masalah pada jantung. Lemak yang menumpuk juga akan menyebabkan penyempitan pembuluh darah arteri dan vena yang akibatnya darah dari dan ke jantung akan berkurang . Hal ini membuat organ jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat memicu serangan jantung yang akan berakibat kematian bagi penderitanya.

2. Stroke

Stroke berkaitan dengan pola makan yang kaya akan lemak ditambah dengan kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga. Stroke sendiri terjadi karena pasokan darah ke suatu bagian otak terganggu. Obesitas adalah faktor pemicu utamanya. Kurangnya aliran darah akan menyebabkan kerusakkan pada jaringan otak dan kerusakan tersebut dapat menyebabkan kematian. Apabila penderitanya masih mampu selamat, akan tetap mengalami kerusakan pada tubuhnya seperti kelumpuhan anggota badan, hilang sebagian ingatan atau berkurangnya kemampuan untuk berbicara.

3. Diabetes Melitus Tipe 2

Penyakit diabetes mellitus tipe 2 adalah penyakit yang hanya akan diderita orang dewasa akibat obesitas. Lebih dari 80% penderita penyakit diabetes mellitus tipe 2 adalah orang dewasa yang mengalami kenaikkan berat badan sebesar 5 sampai 10 kg berat badan normal.

4. Kanker

Obesitas akan membuat tubuh anda memproduksi lebih banyak hormon yang dapat memicu pertumbuhan tumor. Orang yang memiliki perut buncit akan menghasilkan lebih banyak asam di dalam perutnya, sehingga dapat memicu kanker perut, intestine, atau esophagus.

5. Fatty Liver

Penyakit yang dapat timbul akibat obesitas adalah fatty liver. Fatty liver merupakan penumpukkan lemak pada sel liver atau hati. Sebenarnya, hal yang normal apabila ada lemak dihati, asalkan jumlahnya tidak melebihi 10% dari berat hati itu sendiri. Apabila kinerja hati terganggu akibat penumpukkan lemak, maka fatal akibatnya bagi tubuh anda.

jual suplemen fitnes