4 Alasan Mengapa Kafein Membuat Latihan Anda Lebih Baik

Programfitnes.com – Kafein adalah salah satu suplemen yang paling banyak dipelajari di dunia kesehatan. Berbagai penelitian menunjukkan keamanan dan keefektifannya. Penelitian bahkan menunjukkan manfaat kesehatan dari mengonsumsi kafein.

Mengonsumsi kafein seakan menjadi gaya hidup. Sebagai penggiat olahraga, Anda mungkin kurang tertarik pada manfaat kesehatan dan lebih tertarik pada manfaat kinerja. Mengapa kafein membuat latihan menjadi lebih baik? Simak penjelasan berikut ini!

1. Lebih Banyak Energi

Kafein bekerja di otak sebagai stimulan sistem saraf pusat, jadi ketika saya mengatakan energi, itu berarti otak berada dalam kondisi selalu siaga. Kafein menghalangi reseptor tertentu di otak yang dapat meningkatkan kadar epinefrin, adrenalin, dan dopamin.

Mengonsumsi kafein sebelum berolahraga dapat memberi dorongan yang membuat Anda merasa lebih bersemangat. Suplemen kafein dapat membuat perbedaan antara latihan yang benar-benar bagus, dan latihan yang biasa saja.

2. Peningkatan Kekuatan

Program Latihan Monster Superset Untuk Tangan

Penelitian pada kafein menunjukkan bahwa satu dosis dapat meningkatkan kekuatan otot, dengan asumsi bahwa dosisnya cukup tinggi. Tiga ratus miligram kafein atau setara dengan sekitar tiga cangkir kopi, diberikan dalam dosis tunggal dapat menstimulasi sistem saraf.

Mengonsumsi kafein yang dicampur dengan karbohidrat sebelum berolahraga dapat membantu mengembalikan kadar glikogen dalam otot lebih cepat. Setelah dirangsang oleh kafein, serat otot yang telah diaktifkan akan mendapatkan kekuatan yang lebih besar. Lebih banyak energi akan menghasilkan lebih banyak kekuatan, itulah mengapa kafein dapat meningkatkan kekuatan Anda selama latihan.

3. Daya Tahan Meningkat

Melatih Otot Kaki Dengan Efektif Ala Cardio Quads

Kafein meningkatkan daya tahan dalam beberapa cara. Yang pertama adalah dengan meningkatkan pembakaran lemak selama latihan. Ketika Anda berlatih dengan mengkonsumsi kafein, Anda mampu membakar lemak lebih banyak.

Kafein dapat menekan nafsu makan dan menstimulasi terjadinya termogenesis. Termogenesis adalah suatu mekanisme tubuh yang bekerja dengan cara mengubah makanan menjadi panas dan energi.

Cara lain kafein dapat meningkatkan daya tahan adalah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat. Penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan vasodilatasi, istilah untuk pelebaran pembuluh darah. Hal ini memungkinkan lebih banyak darah mengalir ke otot, yang memberikan lebih banyak oksigen dan nutrisi untuk menghasilkan daya tahan tubuh yang lebih besar.

4. Nyeri Otot Berkurang

 

Percaya atau tidak, penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat membantu mengurangi nyeri otot dengan mengubah pengerahan tenaga yang dirasakan selama latihan. Dengan nyeri otot yang lebih sedikit, Anda bisa lebih keras dalam berlatih. Hal ini tentu akan memberikan hasil yang lebih baik. Lain halnnya jika nyeri otot sering menyerang, Anda mungkin tidak akan bisa banyak berlatih.

Itulah beberapa alasan mengapa mengonsumsi kafein akan membuat latihan Anda menjadi lebih baik. Anda tertarik untuk mencoba merasakan manfaatnya?