4 Kiat Menjaga Tubuh Tetap Bugar Saat Traveling

Programfitnes.com – Jika Anda kerap bepergian, terutama karena urusan pekerjaan, tentu tidak mudah untuk tetap berolahraga teratur dan menjaga pola makan. Jadwal yang padat dan tidak teratur seringkali menjadi kendala yang utama.

Meski sering bepergian, bukan berarti Anda mesti mengorbankan kebugaran tubuh, lho. Sebenarnya ada beberapa tips untuk menjaga tubuh tetap fit selama traveling. Coba terapkan empat aturan berikut dan rasakan sendiri perbedaannya!

1. Jaga berat badan lewat intermittent fasting

Image credit: healthandbeautylifestyle.com

Salah satu masalah yang biasa dihadapi saat Anda traveling adalah pola makan yang kacau. Ketika bepergian di dalam negeri, mungkin tidak begitu masalah. Namun, bagaimana jika Anda pergi ke luar negeri yang zona waktunya berbeda jauh?

Selain itu, traveling juga bisa mendorong Anda memilih makanan yang kurang baik bagi berat badan. Untuk mengakalinya, Anda bisa melakukan intermittent fasting (IF). Menurut penelitian, IF mampu membantu meningkatkan metabolisme serta membakar lebih banyak lemak dan karbohidrat untuk aktivitas Anda sehari-hari.

Yang lebih asyik, Anda tak perlu pilih-pilih makanan dan bisa menikmati hidangan favorit Anda. Untuk memulai, coba lakukan IF dengan jendela 12/12, kemudian Anda dapat mempersempit jendela makan secara bertahap.

2. Manfaatkan dendeng sapi untuk snack

Ketika bepergian, biasanya pilihan makanan Anda jadi terbatas pada junk food dan minuman manis. Nah, untuk menjaga asupan protein setiap hari, Anda bisa memanfaatkan camilan tinggi protein seperti dendeng sapi.

Protein tak hanya bermanfaat sebagai nutrisi untuk membangun otot dan jaringan tubuh lainnya, tapi juga menjadi sumber energi yang tahan lama dibandingkan karbohidrat. Namun saat memilih, pastikan Anda memperhatikan kandungan gizinya, karena tak jarang pula produsen dendeng menambahkan gula untuk meningkatkan cita rasanya.

3. Tetap berlatih lewat gerakan bodyweight

Image credit: workouttrends.com

Selama traveling, tentu tak mudah menemukan gym untuk tempat berlatih. Tapi, latihan tentu harus jalan terus. Anda dapat mengakalinya lewat latihan bodyweight. Tanpa alat, latihan ini bisa Anda lakukan kapan saja dan di mana saja.

Untuk memperoleh hasil optimal, fokuskan latihan pada tiga area dasar, yaitu gerakan kaki (misalnya squat, lunges), upper-body pushing (push-up), dan upper-body pulling (misalnya door-frame row). Dengan melakukan setidaknya satu gerakan untuk tiap area, Anda akan mengaktifkan mayoritas serat otot pada tubuh. Dengan demikian, tubuh Anda akan lebih aktif membakar lemak dan karbo.

4. Gunakan kesempatan untuk berlatih kapan pun memungkinkan

Image credit: muscleandfitness.com

Ketika berada di perjalanan sepanjang hari, Anda mungkin tak punya kesempatan untuk pergi ke gym atau melakukan latihan bodyweight di kamar hotel. Untuk itu, Anda perlu sedikit kreatif dalam mencari kesempatan untuk menggerakkan tubuh.

Misalnya, selalu gunakan tangga setiap naik turun gedung, termasuk saat Anda membawa tas atau koper. Berjalanlah sejauh mungkin dengan menenteng koper Anda. Bahkan, Anda bisa melakukan push-up atau jumping jack selagi menunggu boarding pesawat di bandara! Tak perlu memikirkan pandangan orang yang menganggap Anda aneh. Bergerak lebih baik daripada cuma sekadar duduk sambil ngemil!

Itulah beberapa kiat menjaga tubuh tetap bugar selama traveling. Semoga bermanfaat!