4 Makanan Enak yang Harus Selalu Anda Sediakan di Rumah

Programfitnes.com – Untuk membentuk otot, olahraga saja tidaklah cukup. Pola makan Anda juga harus diperhatikan. Sayangnya, makanan sehat itu biasanya tidak begitu enak, membuat Anda sukar menikmatinya dalam jangka panjang. Sebab, mau tak mau, lidah juga butuh diperhatikan.

Untungnya ada beberapa tips menikmati makanan sehat sekaligus enak. Anda bisa menyantap makanan berikut untuk memanjakan lidah sekaligus menjaga asupan kalori tetap terkontrol!

1. Cauliflower rice (nasi kembang kol)

Ricing” berarti menggiling makanan tertentu menjadi ukuran kecil. Nasi kembang kol memang bukan nasi betulan, tapi bisa dimanfaatkan sebagai alternatif pengganti nasi. Untuk membuatnya, Anda hanya membutuhkan alat pengolah makanan maupun memarutnya dengan parutan.

Untungnya, ada pula yang tersedia dalam kemasan. Ini tentu bisa menghemat waktu dan tenaga Anda. Nasi kembang kol, ibarat lukisan adalah kanvas kosong. Aduk dengan bawang panggang, cabai, kacang dan herbal. Anda bisa menambahkan telur jika ingin memasak nasi goreng. Anda bisa mengkonsumsi nasi ini setiap malam dalam seminggu. Makanan ini cocok untuk program diet.

2. Saus Cabai

Coba Anda lihat atlet angkat beban dan sejenisnya yang tengah melakukan diet. Mereka terlihat lebih menderita dari sebelumnya. Tak heran, sebab makanan yang dikonsumsi adalah dada ayam kering dan brokoli. Lalu apa yang kurang? Rasa. Variasi. Kesenangan.

Ini bisa disiasati lewat variasi rasa dari saus yang dibeli dari toko, kebanyakan kurang lebih 5 kalori per porsi. Itu adalah kalori yang terbuang dengan baik (karena Anda membakar 5 kalori saat mengocok botol saus). Saus cabai juga memungkinkan memberikan Anda dorongan pembakaran kalori lebih banyak dari pedasnya itu.

Yang perlu Anda lakukan adalah mengecek daftar komposisinya. Jika mengandung gula atau minyak dalam bentuk apapun, lewati saja.

3. Pisang beku

Makanan ini cukup mudah dibuat. Anda pun gampang menemukannya di swalayan. Pisang beku disebut juga “es krim satu bahan” karena rasa dan teksturnya memang menyerupai es krim.

Anda bisa membeli pisang segar dan mengirisnya dan membekukannya sendiri, tetapi pisang beku kemasan yang dijual di swalayan juga terbilang nyaman. Pisang beku ini dapat dicampur dengan protein shake, tambahkan ke oat meal, atau cukup masukkan ke dalam mulut ketika Anda sedang menginginkan makanan yang manis-manis.

4. Bubuk protein berkualitas tinggi

Bubuk protein yang berkualitas memang tidak dapat Anda temukan begitu saja di pusat perbelanjaan. Tapi, Anda tidak akan menyesal membelinya, karena bubuk protein mampu menutrisi tubuh Anda dengan cara-cara yang tidak dapat Anda peroleh dari makanan utuh, khususnya ketika Anda hendak memperbesar otot.

Yang menarik, bubuk protein tak hanya bisa dijadikan shake saja. Anda dapat mengolahnya menjadi aneka makanan lezat, seperti puding dan cupcake.

Nah, itu dia beberapa jenis makanan sehat yang mampu memanjakan lidah tanpa merusak pola diet Anda. Semoga bermanfaat!