5 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Sebelum Olahraga

Makan sebelum beraktivitas memang penting namun ada sejumlah makanan yang sebaiknya dihindari sebelum olahraga atau akan latihan fitnes. Hal ini agar saat latihan tidak malah membuat tubuh anda terganggu atau latihan menjadi terasa begitu berat.

Asupan makanan merupakan bagian yang tak terpisahkan bagi para olahragawan Begitu pun buat anda yang bukan olahragawan juga perlu mengetahui dan memilih makanan yang tepat. Hal ini agar tujuan anda untuk berolahraga menjadi lebih optimal.

Tak sedikit ahli gizi yang menyarankan untuk mengonsumsi makanan sebelum melakukan olahraga. Namun makan makanan sembarangan dan tidak tepat justru akan membuat tujuan olahraga menjadi gagal. Sama halnya jika olahraga dilakukan dengan perut kosong.

5 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Fitnes

Mengkonsumsi makanan yang tidak tepat sebelum latihan fitnes atau berolahraga justru akan membuat perut sakit atau hasil yang tidak optimal. Karena itu penting memperhatikan asupan sebelum anda melakukan latihan fitnes.

Nah, berikut ini berbagai jenis minuman dan makanan yang harus dihindari sebelum fitnes atau melakukan olahraga fisik.

1.Susu

Minum susu sebelum fitnes sebaiknya dihindari. Kenapa? Karena susu mengandung protein tinggi namun kurang karbohidrat. Jika anda minum susu sebelum berolahraga atau latihan fitnes justru akan menguras energi dan membuat tubuh cepat lemas. Susu ini pun termasuk jenis susu low fat karena tetap akan membuat kerja tubuh menjadi lambat saat berolahraga.

2.Telur Ayam

Meskipun telur ayam dikenal sebagai sumber protein murni namun juga bisa memberat kerja tubuh saat berolahraga. Telur kurang memberikan karbohidrat yang cukup. Apalagi proses pengolahan dalam pencernaan akan berlangsung lama sehingga jika dimakan sebelum latihan justru akan memberatkan tubuh. Begitupun dengan telur mentah yang sering dicampur dalam jamu sebaiknya juga tidak diminum menjelang atau sebelum beraktivitas fisik.

3.Makanan Pedas

Mengkonsumsi makanan pedas sebelum latihan fitnes sebaiknya juga dihindari karena akan bisa menyebabkan perut mulas. Begitu juga dengan makanan yang dimasak dengan banyak rempah juga dapat membuat pencernaan terganggu sehingga proses latihan juga akan ikut terganggu.

Meskipun begitu makanan pedas dan yang dimasak dengan rempah tentu saja bermanfaat untuk membakar lemak yang baik untuk diet. Namun waktu mengkonsumsinya yang perlu diatur agar hasilnya efektif.

4.Fast Food

Junk food yang banyak disediakan restoran cepat saji umumnya mengandung lemak yang sangat tinggi. Makanan seperti burger atau kentang goreng membutuhkan proses dalam pencernaan yang cukup lama.

Jika anda makan makanan cepat saji sebelum latihan fitness atau berolahraga tentu saja jutrsu akan membuat tubuh terasa berat. Terlebih jika latihan fines anda untuk menguatkan atau membentuk otot, aliran darah yang menuju ke otot juga akan terganggu.

5.Makanan Berserat

Mengkonsumsi makanan berserat akan membuat perut kenyang lebih lama. Hal ini karena proses pengolahan makanan di dalam pencernaan berlangsung lama. Jika anda makan banyak makanan berserat sebelum berolahraga atau latihan fitnes justru akan membuat anda cepat lelah.

Selain itu mengkonsumsi makanan serat tinggi sebelum berolahraga juga dapat menyebabkan perut terasa kembung karena banyak gas yang akan terkumpul dalam perut. Hal ini tentu saja akan menggangu latihan fitnes anda.

Mengkonsumsi makanan seperti roti-rotian berserat tinggi, salad sayuran, ataupun suplemen serat sebaiknya tidak dilakukan dua jam sebelum atau setelah berolahraga. Sebagai gantinya, makan saja camilan yang mengandung protein dan karbohidrat.

Demikianlah berbagai jenis makanan yang sebaiknya dihindari sebelum olahraga maupun latihan fitness agar tujuan anda beraktivitas fisik tidak terganggu.