5 Strategi Ampuh Agar Lebih Semangat Saat Berlatih

Programfitnes.com – Pekerjaan dan rutinitas sehari-hari menyita banyak energi. Karena tenaga sudah terkuras untuk bekerja seharian, kita pun enggan untuk menjalani latihan. Jangankan berlatih, untuk datang ke gym saja sudah menjadi tantangan besar yang harus lebih dulu dilewati.

Nah, jika butuh dorongan energi untuk menyelesaikan sesi latihan hari ini, Anda dapat memanfaatkan beberapa strategi berikut. Pastinya ampuh untuk membuat Anda bersemangat!

1. Konsumsi suplemen pre-workout

Panduan Memilih Suplemen Weight Gainer

Kandungan dalam suplemen pre-workout diformulasikan untuk mengembalikan tingkat energi Anda, meningkatkan fokus, serta menjaga ketahanan selama latihan. Lewat suplemen ini, Anda dapat mengoptimalkan sesi latihan Anda.

Suplemen pra-latihan biasanya mengandung kafein, taurin, dan beta-alanin, sebagai bahan aktifnya. Dengan dosis yang tepat, bahan-bahan tersebut terbukti ampuh mendorong energi dan fokus selama latihan. Jadi, tak ada salahnya Anda mengonsumsi suplemen ini jika butuh dorongan semangat.

2. Berlatih di luar ruangan

Setelah bekerja di belakang meja sepanjang hari, Anda mungkin enggan nge-gym karena latihannya berlangsung di dalam ruangan juga. Terus-terusan terkungkung oleh dinding-dinding beton jelas bikin sumpek. Ujungnya, kita jadi malas berlatih. Solusinya, Anda bisa mencoba berlatih di luar ruangan.

Paparan udara segar dan sinar matahari mampu membuat Anda merasa lebih berenergi. Selain itu, pandangan yang lapang juga mampu menghilangkan rasa sumpek yang melanda jika Anda berlatih di gym. Berolahraga pun jadi terasa lebih menyenangkan. Agar lebih seru, Anda bisa mengajak teman atau kolega Anda untuk berlatih bersama.

3. Temukan partner latihan

Berlatih sendirian itu menjemukan. Itulah sebabnya, nggak sedikit orang yang akhirnya malas latihan karena mereka cuma latihan sendiri. Cobalah cari seorang rekan untuk diajak menjalani sesi latihan bersama-sama atau personal trainer untuk mengawasi latihan Anda.

Dengan hadirnya mereka, Anda akan lebih termotivasi dan konsisten dalam menjalani sesi latihan yang melelahkan. Berlatih bersama juga mampu memberi dorongan mood dan semangat, terlebih jika Anda menambahkan sedikit bumbu kompetisi antara satu dengan yang lainnya. Tapi, pastikan Anda tidak kebanyakan mengobrol dan malah melupakan sesi latihan Anda.

4. Buat target yang jelas

Target yang kurang jelas cenderung membuat latihan Anda juga kurang fokus. Akhirnya, Anda pun jadi ogah untuk nge-gym. Untuk itu, Anda butuh target yang spesifik dan realistis.

Misalnya, Anda menargetkan untuk menurunkan berat badan. Berapa berat badan ideal yang ingin Anda capai? Tuliskan target tersebut dengan jelas dan pecahlah menjadi target-target yang lebih kecil.

Sebagai contoh, jika Anda ingin menurunkan berat hingga 10 kg, Anda bisa membaginya menjadi 1-2 kg tiap bulan. Selanjutnya, visualisasikan target tersebut dalam benak dan bayangkan perasaan Anda jika berhasil mencapainya.

5. Perhatikan asupan nutrisi

Seperti Apa Wujud 30 Gram Protein Itu

Kurang bersemangat saat latihan, bisa jadi penyebabnya adalah asupan nutrisi yang tidak sebanding dengan aktivitas dan latihan Anda. Untuk mempersiapkan energi selama latihan, Anda membutuhkan cukup asupan protein dan karbohidrat.

Jumlahnya tergantung dari intensitas dan tujuan latihan Anda. Untuk energi yang optimal, Anda bisa makan 1-2 jam sebelum latihan. Kalau pun tidak sempat, juga tidak masalah, tapi dengan catatan sebagai berikut.

Jika berlatih di tengah hari atau sepulang kerja, energi Anda masih terjaga selama Anda mengonsumsi makanan berkualitas sekitar empat jam sebelumnya. Sementara, untuk berlatih di pagi hari, pastikan gizi pada makan malam Anda terpenuhi dan jangan lupa mengonsumsi protein shake sebelum tidur.

Nah, dengan menerapkan strategi di atas, semangat Anda untuk berlatih pasti kembali berkobar. Selamat mencoba!