6 Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit Yang Efektif

Tahukah anda bagaimana sih bentuk gerakan atau latihan untuk mengecilkan perut yang buncit yang efektif? Apakah bisa perut yang membesar dan saat ini banyak dialami pria dewasa dikecilkan hingga rata kembali?

Saat ini banyak sekali pria dewasa yang memiliki perut dengan bentuk yang buncit dan besar. Kabarnya, bentuk semacam ini dianggap sebagai lambang kemakmuran. Benarkah demikian?

Gaya hidup modern dengan pola makan sembarangan telah menjadi warna yang ikut memberikan banyak keluhan. Bertambahnya berat badan hingga obesitas makin sering terjadi.

Selain bobot tubuh yang bertambah, perut pun semakin membuncit. Apalagi perut tempat penumpuklan lemak yang makin terlihat pada kebanyakan pria. Selain tidak menarik, perut buncit juga bisa memicu timbulnya gangguan kesehatan yang berbahaya.

Memilih Bentuk Latihan Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Nah buat anda yang ingin mengubah penampilan sekaligus mengecilkan kembali perut buncit ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan melakukan latihan untuk mengecilkan perut buncit yang efektif. Gerakan ini cukup efektif untuk membakar lemak yang menumpuk pada bagian perut dan bisa anda lakukan di rumah.

1.Latihan Hula Hoop

Siapa yang menyangka jika gerakan pada permainan Hula Hoop ternyata merupakan gerakan yang mampu membakar lemak di perut.

Untuk melakukannya anda membutuhkan alat berbentuk ring besar bisa dari rotan ataupun plastik. Lakukan gerakan ini sambil diiringi musik agar lebih menyenangkan. Agar hasilnya efektif lakukan permainan ini setidaknya sekitar 10 menit dan lakukan pada pagi dan sore hari.

2.Latihan Leg Raise

Bentuk latihan ini memang memusatkan gerakan pada otot perut bagian bawah. Gerakannya cukup mudah dan tanpa perlu alat namun akan membuat otot di sekitar perut terasa panas. Ini menandakan gerakan ini mampu membakar lemaknya.

Nah, untuk gerakan pada latihan Leg Raise adalah sebagai berikut:

Tubuh terlentang di lantai. Kemudian angkat kedua kaki ke atas hingga tegak. Setelah itu kaki diturunkan secara perlahan tanpa menyentuh lantai dan angkat ke atas lagi. Lakukan gerakan ini secara berulang hingga 15 kali. Ulangi lagi hingga tiga kali agar perut terasa panas.

3.Latihan Elbow Plank

Meskipun gerakan yang dilakukan juga mudah dan simpel, namun latihan Elbow Plank bukan saja akan membakar lemak di perut namun juga akan menguatkan otot inti (core muscle) pada perut, pinggang, dan paha serta meningkatkan stabilitas tubuh.

Untuk gerakan pada latihan Elbow Plank adalah:

Tubuh telungkap di lantai lalu letakkan lengan di bawah dada. Kemudian angkat badan dengan bertumpu pada lengan untuk menyangga tubuh dan posisi punggung tetap lurus. Pertahankan posisi ini sekitar 30 detik untuk otot perut berkontraksi. Ulangi latihan ini hingga 3 set (3 kali) agar efektif.

4.Latihan Crunch

Selain efektif dalam membakar lemak perut, Crunch juga merupakan latihan dasar yang penting untuk menguatkan dan membentuk otot perut bagian atas. Untuk gerakannya mirip sit up namun tanpa sepenuhnya mengangkat tubuh.

Cara melakukannya adalah sbb:

Baringkan tubuh di atas matras dengan posisi terlentang dan kedua tangan diletakkan di belakang kepala. Setelah itu angkat kepala dan bahu sedikit dengan menegangkan otot perut. Tariklah nafas saat posisi badan turun dan keluarklan nafas saat mengangkat tubuh dan posisi leher tetap lurus. Ulangi gerakan ini hingga 15 kali dan ulangi 3 kali setelah istirahat sebentar.

5.Latihan Heel Touch

Heel Touch juga dikenal merupakan latihan yang mampu membakar lemak sekitar perut dengan cepat dan efektif.

Ini cara melakukan latihan Heel Touch:

Baringkan tubuh di lantai dengan terlentang lalu tekuk kedua kaki dengan lutut ke atas. Setelah itu angkat sedikit bahu lalu sentuh tumit kanan dan kiri secara bergantian dan lakukan 15 kali. Agar efektif ulangi 3 kali setelah istirahat sebentar.

6.Latihan Jumping Jack Reach

Untuk melakukan gerakan dibutuhkan alat bantu berupa bola yang besar.

Langkah melakukannya adalah sbb:

Silahkan duduk di atas bola lalu lakukan lompatan di atas bola sambil dengan membuka dan menutup kedua kakinya. Lakukan hingga 15 kali dan ulangi 3 set untuk hasil yang efektif.

Itulah beberapa bentuk dan jenis latihan untuk mengecilkan perut buncit yang efektif asal dilakukan secara efektif.