7 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Rowing Machine

Programfitnes.com – Rowing adalah gerakan mendayung untuk menggerakan perahu. Gerakan rowing akhirnya diadaptasi sebagai metode latihan kardio. Berbeda dengan lari di atas treadmill atau lompat tali, menggunakan rowing machine atau erg lebih nyaman bagi lutut. Selain itu, karena Anda hanya berpusat pada fase konsentris saja, Anda tidak akan kelelahan atau pegal pada sesi berikutnya.

Walau begitu, kita masih kerap melakukan kesalahan saat latihan rowing. Nah, jika Anda tidak ingin cedera saat rowing, hindari kesalahan-kesalahan menggunakan rowing machine berikut ini!

1. Pijakan kaki yang tidak tepat

Ketika rowing, atur strap di sekitar bagian kaki terluas. Ini memungkinkan Anda menahan dengan kaki bagian tengah, bukannya tumit. Menahan di bagian yang tepat dapat menghasilkan tenaga yang optimal dan bentuk gerakan yang lebih baik. 

2. Melakukan rowing dengan urutan yang salah

Banyak orang yang memulai rowing dengan tarikan lengan atau badan terlebih dulu. Hal ini salah, sebab kaki Andalah yang harusnya menjadi penggerak utama. Dengan begitu, Anda bisa menghasilkan lebih banyak gaya dengan setiap tarikan dan bergerak dengan efisien. Fokuslah pada otot yang lebih besar dulu, baru yang kecil.

3. Posisi duduk yang buruk saat rowing

 

Seperti gerakan-gerakan gym lainnya, postur yang bagus akan mendapatkan hasil yang optimal. Saat Anda melakukan rowing, duduklah dengan baik dan tegap, bahu ke belakang dan dada membusung. Jika Anda membungkuk saat rowing, Anda akan mudah mengalami nyeri punggung. Selain itu, hasil yang didapatkan adalah gerakan yang kurang efisien.

4. Anda melakukan rowing seperti cable row

Ada hal yang berbeda antara rowing dengan erg dan mesin kabel, yaitu adalah pergerakan full-body pada ergGerakkan dengan kaki Anda dan kemudian tarik gagangnya dengan siku sebagai pointer-nya. Gerakan ini seharusnya dilakukan dengan halus dan mengalir, bukan dengan tarikan keras yang kaku.

5. Beban disetel terlalu tinggi

Salah satu kesalahan yang paling umum saat melakukan rowing menggunakan erg adalah menyetel pengaturan beban yang tinggi. Ini bisa menimbulkan bentuk gerakan yang buruk, bahkan bisa cedera. Sebaiknya mulailah dengan setelan di level antara 4 sampai 7. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan stabilitas dan kontrol core yang lebih baik. Cara Anda melakukan gerakan lebih penting daripada beban yang Anda gunakan.

6. Lepas kendali ketika rowing

Yang dimaksud di sini adalah Anda melakukan rowing dengan sangat cepat  dan tidak terkendali.

Untuk memaksimalkan waktu dengan jarak maksimal. Anda harus menciptakan kekuatan yang seirama. Agar Anda bisa menjaga jumlah stroke tetap tinggi. Karena itu, pantat Anda jangan sampai meninggalkan kursi dan Anda jangan membuat gerakan terlalu cepat. Stroke penuh akan menghasilkan lebih banyak kekuatan per stroke daripada stroke parsial yang sangat cepat tanpa kekuatan. Lebih baik Anda melakukan 4 stroke tetapi output maksimal daripada 8 stroke namun output tidak maksimal.

7. Mengatur Damper terlalu tinggi

Mengatur damper di sisi flywheel antara 3-5 merupakan damper yang optimal. Hal ini akan memberikan resistansi sehingga Anda tidak menarik mesin dan tidak kemana-mana.

Situs Concept2 menjelaskan rowing dengan damper 10 seperti mendayung perahu berat yang lambat. Kecuali Anda ingin latihan rowing untuk endurance dan kardiovaskular.

Itulah kesalahan yang sering terjadi saat latihan rowing. Jika Anda merasa sering latihan rowing namun belum mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya Anda mulai memperbaiki cara rowing Anda.