Cara Membakar Kalori dengan Pekerjaan Rumah

Ada banyak cara membakar kalori yang bisa dilakukan. Kebanyakan kita lebih memilih olahraga karena lebih nyata hasilnya dan membuat tubuh juga menjadi lebih segar. Namun dengan mengerjakan pekerjaan rumah pun kita juga bisa mengeluarkan kalori dalam jumlah yang tidak sedikit.

Membakar kalori bukan hanya penting untuk menurunkan berat badan namun baik untuk kesehatan. Dengan menyeimbangkan asupan makanan dengan kalori yang harus dibakar akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih segar. Karena itulah penting melakukan aktivitas yang dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup.

Lantas berapa kalori yang harus dibakar setiap hari? Jika tujuannya untuk program diet menurunkan berat badan, maka anda perlu membakar 500-1.000 kalori setiap hari atau 3.500-7.000 kalori per minggu jika anda ingin menurunkan berat satu kilogram per minggu. Namun agar seimbang, anda juga harus mendapat asupan sebanyak 2.000 kalori untuk wanita dan 2.500 kalori untk pria setiap harinya.

7 Jenis Pekerjaan Rumah yang Efektif Membakar Kalori

Olahraga bukanlah satu-satunya cara membakar kalori yang bisa dilakukan. Bahkan dengan mengerjakan pekerjaan rumah saja juga akan memberikan manfaat dalam menguapkan kalori dan lemak tubuh. Termasuk untuk mendukung tujuan anda menurunkan berat badan.

Nah, berikut ini beberapa jenis pekerjaan rumah berikut ini cukup efektif sebagai cara membakar kalori dan lemak tubuh.

1.Menyapu dan Mengepel Lantai

Meskipun mungkin terkesan simpel dan sederhana namun kegiatan menyapu dan mengepel lantai juga mampu membakar kalori tubuh. Bahkan menurut sejumlah penelitian, dengan membersihkan lantai melalui aktivitas menyapu dan mengepel lantai selama satu jam mampu membakar sebanyak 240 kalori. Jumlah ini tentunya bisa bertambah jika rumah anda termasuk besar dan luas.

2.Menyetrika Pakaian

Hadirnya mesin cuci membuat aktivitas mencuci baju kurang tak lagi menguras tenaga. Namun berbeda dengan aktivitas menyeterika pakaian yang masih harus dilakukan secara manual juga memberikan manfaat dalam membakar kalori tubuh. Asal tahu saja aktivitas ini bisa mengurangi kalori sebanyak 140 kalori dalam tubuh.

3.Mencuci Piring

Aktivitas mencuci piring pun ternyata juga mampu mengurangi kalori tubuh dalam jumlah yang cukup signifikan. Mencuci piting tentunya bukan sekedar mencelupkan piring ke dalam bak air dan mengangkatnya. Ada sejumlah urutan aktivitas yang perlu dilakukan, seperti menyabuni piring, membilas dan menggosok, mengelap, hingga merapikan dan meletakkan di atas rak piring. Aktivitas ini ternyata mampu membakar 125 hingga 160 kalori.

4.Membersihkan Kaca Jendela

Pekerjaan rumah lainnya yang juga bisa membakar kalori adalah membersihkan kaca jendela. Pekerjaan ini meliputi menyemprotkan cairan kaca, menggosok dengan kain, dan membuang debu dengan kemoceng. Meskipun terlihat sepele, akltivitas inipun mampu membakar kalori hingga 125 kalori untuk tiap setengah jam. Lumayan juga kan!

5.Memasak atau Membuat Roti

Kegiatan memasak ternyata juga mampu menguras tenaga. Nah buat anda yang senang beraktivitas di dapur, aktivitas ini juga mampu membakar kalori sebanyak 150 kalori per-jam. Aktivitas ini diantaranya membuat dan menguleni adonan secara manual, mengiris dan memotong sayuran dan bahan makanan hingga memasak. Ini juga bisa mengejar jumlah kalori yang harus dikeluarkan setiap hari.

6.Mencuci Motor atau Mobil

Pekerjaan rumah lainnya juga yang juga mampu membakar kalori dalam jumlah yang signifikan adalah mencuci motor atau mobil. Pekerjaan yang bisa dilakukan sambil bersuka cita ini ternyata mampu membakar 153 kalori loh. Nah, ketimbang uangnya untuk membayar tempat cucian motor atau mobil kenapa tidak melakukannya sendiri.

7.Membersihkan Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan salah bagian rumah yang cukup sensitif bagi kebanyakan wanita dan ibu rumah tangga. Mereka umumnya tak akan membiarkan kamar mandi kotor atau licin. Karena itulah aktivitas menggosok dan membersihkan kamar mandi seringkali perlu dilakukan. Asal tahu saja, kegiatan ini ternyata juga bermanfaat dalam membakar sekitar 200 kalori.

Demikianlah informasi berbagai jenis aktivitas dan pekerjaan rumah yang bisa menjadi cara membakar kalori yang cukup efektif.