Cara Menyusun Menu Makanan Diet untuk Pemula

Menyusun menu makanan diet yang tepat dapat mempercepat dan meningkatkan efektivitas program diet anda. Dengan asupan makanan diet yang tepat maka tubuh pun akan mendapatkan nutrisi sesuai yang dibutuhkan. Karena itulah diet menjadi bagian tak terpisahkan yang dijalani para atlet, olahragawan, maupun anda yang sedang giat melakukan latihan otot tubuh di pusat kebugaran.

Keberadaan makanan bagi tubuh bahkan bisa disejajarkan dengan program latihan fitnes itu sendiri. Apalagi jika anda telah memiliki program latihan yang jelas dan target tertentu pula dalam membentuk bentuk tubuh yang diinginkan. Sebaliknya, tak jarang target pembentukan otot tubuh menjadi gagal karena tidak didukung perencanaan makanan diet yang tepat.

Sayangnya, masih banyak orang yang beranggapan bahwa diet tak lebih dari sekedar mengurangi porsi atau jumlah makan. Apalagi jika anda adalah orang yang sibuk dan padat dengan berbagai aktivitas kerja, kalau diet yang anda lakukan seperti itu maka hasilnya akan mengecewakan sebab anda malah akan lemas dan karier anda akan terganggu akibat pekerjaan yang terbengkelai.

Perlu dipahami bahwa kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda, hal ini tergantung dari usia, jenis kelamin, maupun aktifitas fisik yang dilakukannya. Karena itu diet perlu dilakukan dengan mengganti makanan harian dengan jenis makanan pengganti sebagai menu diet. Makanan pengganti dipilih berdasarkan kandungan gizi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan diet namun tetap mendukung kegiatan sehari-hari.

Cara Memilih Menu Makanan Diet Yang Efektif

Lantas bagaimana cara memilih makanan yang baik untuk program diet? Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan zat-zat yang dibutuhkan oleh tubuh yang dapat dijadikan sebagai acuan dalam menyusun dan membuat menu makanan diet anda.

1.Zat Pengatur

Kebutuhan tubuh terhadap zat pengatur diperoleh dari makanan yang mengandung mineral dan vitamin. Jenis makanan yang baik yang dapatmenyediakankandungan itu adalah buah apel dan wortel, sehingga perlu dimasukkan sebagai menu makanan diet. Wortel merupakan makanan rendah kalori namun kaya protein, hidrat arang, kalsium, vitamin B dan C, fosfor, serta zat besi.

Sedangkan buah apel diketahui mengandung rendah lemak dan kolesterol namun kaya energi sehingga sangat baik dalam membantu menurunkan berat badan tanpa mengurangi stamina atau mengganggu aktivitas fisik harian. Buah ini juga bermanfaat dalam menyemuhkan dan mengatasi berbagai penyakit rutin, seperti flu, sakit kepala, maupun sakit diare, sehingga merupakan menu yang cocok untuk menjaga stamina, kesehatan, kecantikan, dan juga melaksanakan program diet.

2.Zat Pembangun

Menyusun menu makanan diet yang sehat juga harus memperhatikan kebutuhan tubuh terhadap zat pembangunan. Karena itu masukkan menu susu dan produk turunan hewani lainnya namun pilih yang rendah lemak atau pilih makanan yang mengandung lemak baik dan hindari lemak jenuh sebab tubuh membutuhkan lemak untuk membangun sel-sel baru. Juga tambahkan makanan dari jenis kacang-kacang yang kaya serat karena baik untuk tubuh maupun program diet anda.

3.Zat Tenaga

Untuk memenuhi makanan sebagai sumber zat tenaga, anda dapat mengganti beras dengan makanan lain dengan kandungan gizi yang sangat baik. Ubi jalar atau buah sukun sangat baik sebagai menu diet. Ubi jalar ungu diketahui mengandung rendah kolesterol, rendah gula, rendah sodium, namun kaya dengan vitamin A, serta beta karoten yang penting sekali dalam membantu pertumbuhan tulang, gigi, kulit, dan rambut.

Kedua makanan ini selain bagus untuk menu makanan diet juga mengandung zat anti oksidan yang sangat baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghambat penuaan dini, serta mencegah dan menghambat penyakit kanker dan jantung.

Demikianlah sedikit tip cara menyusun menu makanan diet untuk pemula yang cukup simpel namun sangat mendukung tujuan dari program latihan yang sudah anda tetapkan.