Dorong Kadar Hormon Testosteron Anda Lewat 4 Makanan Ini!

Programfitnes.com – Testosteron merupakan hormon yang penting bagi pria. Testosteron mempengaruhi sifat maskulinnya dan pembentukan massa otot. Ciri-ciri seseorang yang memiliki kadar testosteron tinggi antara lain memiliki lebih banyak massa otot, lemak tubuh rendah, dan tulang yang kuat.

Namun setelah memasuki usia 30an, produksi testosteron pada pria cenderung berkurang. Belum lagi ditambah dengan kebiasaan merokok, mengikuti diet rendah kalori, serta mengkonsumsi minuman alkohol. Hal-hal ini dapat menurunkan kadar testosteron lebih jauh.  

Tapi, Anda dapat meningkatkan produksi testosteron secara alami dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu. Inilah beberapa makanan yang direkomendasikan.

1. Bawang putih

Bawang putih merupakan makanan yang cukup murah dan mudah didapatkan. Terlebih, makanan ini punya khasiat meningkatkan kadar testosteron.

Penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi banyak bawang putih dapat memiliki efek proliferatif dan restoratif pada tingkat testosteron serum. Hal ini diperkirakan karena adanya bahan kimia dari bawang putih yang bernama dialil sulfida.

Dalam sebuah percobaan yang menggunakan tikus dengan diet protein tinggi, bawang putih terbukti meningkatkan kadar testosteron dan menurunkan kadar kortisol. Bawang putih juga meningkatkan kadar hormon lutenizing dalam plasma, yang kemudia membuat testis memproduksi lebih banyak testosteron. Anjuran yang bisa Anda gunakan adalah mengkonsumsi 900 mg setiap hari dengan membaginya ke dalam beberapa asupan sepanjang hari.

2. Magnesium

Sebuah penelitian pada pria menunjukan bahwa magnesium berdampak positif dengan testosteron. Sayangnya, kita masih mudah kekurangan magnesium karena tidak mendapat asupan yang cukup setiap harinya.

Magnesium mampu meningkatkan bioavailabilitas testosteron. Sebagai proses penuaan alami atau efek dari diet rendah protein dan konsentrasi hormon seks mengikat (SHBG) meningkat dari globulin ini mengikat dengan testosteron sehingga membuat ketersediaannya berkurang.

Satu studi menunjukan bahwa testosteron lebih suka mengikat magnesiumdaripada SHBG, sehingga menjaga kadar testosteron bebas dan karena efek anaboliknya juga.

Dalam penelitian lain, 30 laki-laki berusia 18-22 (baik yang aktif maupun sedentari) menerima 10mg/kg magnesium selama empat minggu. Menariknya, orang-orang yang berpartisipasi dalam latihan intensif, setelah diamati memiliki peningkatkan yang lebih besar dalam kadar testosteron.

Makanan yang mengandung magnesium bisa Anda temukan pada sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, kacang hitam, kacang merah, biji-bijian, alpukat, pisang dan kismis. Konsumsi yang disarankan adalah sekitar 420 mg per hari untuk pria dewasa. Jika untuk meningkatkan produksi testosteron gunakan 750 mg sehari.

3. Vitamin K

Salah satu fungsi dari vitamin K meningkatkan aktivitas enzim pembentuk testosteron.

Senyawa menoquinone-4 (sinonim dari Vitamin K2, bentuk penyimpanan utama dari vitamin pada hewan) telah terbukti dapat merangsang produksi testosteron melakui aktivasi protein kinase sementara juga terlihat dalam steroidogenesis di testis.

Makanan yang mengandung vitamin K bisa ditemukan pada keju, kuning telur mentega organ hewani (hati ayam dan sapi) telur ikan dan makanan hasil frementasi. Anda disarankan mengonsumsi sekitar 30 mg per hari.

4. Seng

Testosteron yang rendah umumnya terkait dengan defisiensi seng karena reseptor androgen seringkali berubah pada individu yang mengalami defisiensi mineral ini.

Menambahkan seng pada diet Anda telah ditunjukan dalam berbagai penelitian untuk meningkatkan kadar hormon pelutein, yaitu hormon pituitari yang merangsang produksi testosteron. Penelitian juga menemukan seng menjadi inhibitor aromatase yang dapat memblokir konversi testosteron menjadi estrogen.

Makanan yang mengandung seng bisa ditemukan pada kerang (tiram, kepiting, lobster, udang), daging sapi, ayam, babi, susu (keju, yogurt), Legun (kacang hijau, kacang merah), kacang-kacangan dan biji-bijian. Konsumsi yang dianjurkan adalah 40 mg per hari.

Itulah sejumlah nutrisi yang bermanfaat meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh. Semoga bermanfaat!