Ingin Tetap Fit di Usia Senja? Sebaiknya Hindari Latihan Ini!

Tak sedikit orang tua yang ingin tetap fit di usia senja dan melakukan latihan kebugaran layaknya orang muda lainnya. Meskipun memiliki tujuan yang sangat baik untuk menjaga kesehatannya namun tak semua jenis latihan bisa dilakukan orang yang sudah tua, khususnya yang usianya telah melewati 50 tahun.

Ada banyak jenis latihan yang baik dan disarankan selalu dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Dokter dan kalangan medis pun selalu menyarankan siapapun untuk selalu melakukan olahraga agar terhindar dari berbagai penyakit dan selalu fit tubuhnya.

Beberapa jenis latihan dan olahraga yang sangat baik dilakukan oleh semua umur diantaranya adalah jalan pagi, jogging, senam pernafasan, maupun renang. Melakukan olahraga semacam ini akan meningkatkan energi tubuh dan membuat anda selalu aktif.

Selain itu olahraga juga berguna untuk meningkatkan fungsi otak, mencegah hilangnya memori, serta menekan risiko terkena penyakit kronis. Karena itulah sangat penting selalu melakukan olahraga dan latihan fisik untuk kebugaran dan kesehatan tubuh.

Latihan yang Harus Dihindari untuk Usia Diatas 50

Saat usia terus bertambah maka otot tubuh akan mulai kehilangan kekuatan dan massa otot. Penelitian menemukan saat seseorang telah melalui umur 30 tahun maka massa ototnya akan berkurang sekitar 3-8 persen per dekade setelah usia 30. Angka ini makin besar setelah memasuki umur 60 tahun.

Nah, agar terhindar dari cedera yang merugikan tubuh, berikut jenis latihan fisik yang sebaiknya dihindari anda yang telah berumur 50 tahun.

1.Deadlifts

Deadlift termasuk jenis latihan dengan intensitas yang tinggi. Jika anda telah berumur senja atau di aats 50 tahun melakukan latihan ini justru dikhawatirkan bisa menimbulkan cedera lutut maupun risiko cedera tulang belakang. Karena itu sebaiknya hindari jenis latihan ini.

2.Bench Press

Bagi orang yang ingin membentuk tubuh ideal maupun menjaga kebugaran latihan ini termasuk favorit. Namun untuk melakukannya tidak bisa asal-asalan karena harus dilakuan dengan tepat agar tidak berisiko terjadinya cedera pada otot dada, bahu, atau pada pergelangan tangan. Apalagi jika anda telah berusia senja latihan ini akan lebih berisiko lagi. Karena itu sebaiknya hindari pula jenis latihan ini buat anda yang telah berumur.

3.Leg Press

Leg Press merupakan jenis latihan yang sangat penting untuk memperkuat lutut. Namun bagi anda yang telah berusia lanjut sebaiknya hindari latihan ini agar terhindar dari risiko cedera pada ligamen dan tendon sekitar sendi lutut. Apalagi jika anda menderita keseleo, asam urat, atau radang sendi sebaiknya hindari latihan jenis ini.

4.Squat

Latihan squat yang dilakukan dengan jongkok akan melibatkan banyak sendi. Latihan jenis ini harus dihindari orang yang telah berusia lanjut ataupun yang menderita osteoarthritis maupun cedera lutut karena bisa memperparah kondisi dan menyebabkan nyeri lutut.

5.Lat Pull-Down

Latihan Lat pull-down juga sebaiknya tidak dilakukan anda yang telah berusia uzur. Latihan yang bertumpu pada bagian sendi dan otot secara berbarengan ini bisa menarik beban di belakang punggung. Hal ini akan menyebabkan pada bagian sendi bahu dan berisiko menyebabkan terjadinya cedera.

Itulah berbagai jenis latihan yang sebaiknya dihindari buat anda yang telah berusia lanjut atau di atas 50 tahun. Selain berisiko terjadinya cedera, melakukan latihan semacam ini akan memberikan beban yang lebih besar dari kemampuan massa otot. Alternatif terbaik untuk jenis latihan bagi orang yang telah berusia lanjut diantaranya adalah berjalan, berlari, joging, ataupun bersepeda.