Ini 5 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi Anda!

Programfitnes.com – Pernahkah Anda merasa mengantuk setelah makan? Bila iya makanan yang Anda pilih tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi. Kalau demikian, bisa-bisa kerja atau latihan Anda jadi kurang produktif.

Makanan yang Anda konsumsi bisa mempengaruhi tingkat energi tubuh Anda sepanjang hari. Nah, agar energi tubuh tetap terjaga, Anda perlu mengonsumsi makanan yang tepat. Inilah lima makanan yang mampu mengembalikan tingkat energi Anda!

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau berada pada daftar teratas karena makanan ini kaya akan vitamin dan mineral. Kalau bingung memilih yang mana, bayam, brokoli dan kubis adalah pilihan yang cocok. Terlebih, sayuran ini juga gampang dicari di pasar maupun di supermarket. Anda perlu mengonsumsi sayuran hijau setidaknya 1 porsi setiap hari.

Selain kaya vitamin, sayuran hijau juga tinggi kandungan seratnya. Serat membantu pencernaan Anda tetap sehat. Kalau pencernaan sehat, Anda pun akan merasa lebih berenergi.

2. Buah Sitrus

Secara umum, buah-buahan adalah makanan pendorong energi. Ini karena kandungan karbohidratnya dalam bentuk fruktosa. Tapi secara khusus, buah sitrus mampu membuat Anda lebih berenergi karena buah-buahan jenis ini mampu merangsang sistem sensorik pada otak Anda.

Aroma buah jeruk atau grapefruit dapat menghidupkan indera Anda dan mempertajam fokus. Jadi jika pekerjaan Anda sedang banyak-banyaknya hari itu, awali hari dengan sebutir grapefruit, jeruk, atau jeruk mandarin.

3. Cokelat Hitam

5 Makanan Berlemak yang Membuat Anda Kurus

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung sejumlah nutrisi yang penting, seperti vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Cemilan ini bahkan mengandung kafein. Jumlahnya kecil, sehingga Anda nggak perlu kuatir dengan perasaan gelisah akibat kafein.

Cokelat hitam adalah kudapan yang sempurna untuk memberikan dorongan energi di akhir jam kerja Anda. Simpanlah seporsi kecil di meja Anda dan kudaplah ketika Anda butuh energi ekstra Kalau Anda sedang membatasi asupan gula, pilih dark chocolate yang kandungan kakaonya di atas 70%.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan biasanya menjadi salah satu komposisi dari energy bar yang dijual di minimarket. Hal ini bukan tanpa alasan. Kacang-kacangan semacam almond, walnut, dan mete, mampu menyediakan beragam vitamin, mineral, dan yang terpenting, lemak sehat.

Lemak dibutuhkan tubuh untuk memproduksi energi dengan rentang waktu yang lebih panjang. Ini berbeda dengan gula yang menghasilkan energi instan tapi tidak tahan lama. Untuk energi yang tahan lama, kacang-kacangan adalah pilihan kudapan yang tepat. Segenggam kacang membantu mengembalikan energi Anda di saat lapar.

Secara khusus, walnut tinggi kandungan ALA, salah satu jenis asam lemak omega-3. Sementara, kacang tanah kaya akan folat dan vitamin E, sedangkan almond mengandung kalsium lebih tinggi dibandingkan jenis kacang lainnya.

5. Air

Salah satu alasan Anda merasa lemas adalah dehidrasi. Saat sibuk bekerja, kita sering lupa mengonsumsi cukup air. Dehidrasi dapat mengganggu kerja otak dan distribusi nutrisi sehingga membuat Anda sukar fokus dan lemas. Jadi, perbanyak minum air putih!

Kalau bosan dengan air putih biasa, nikmati infused water atau air dengan sedikit irisan lemon. Tubuh Anda tak cuma kembali terhidrasi, tapi juga mendapat stimulus dari lemon tersebut.

Gabungkan makanan di atas dalam pola makan Anda sehari-hari dan rasakan perbedaannya!