Kram Otot Karena Over Traning? Makan Buah Ini Untuk Meredakannya!

Apakah anda pernah mengalami kram otot karena over traning? Atau kondisi ini anda alami justru saat sedang tidur? Lantas bagaimana pula cara mengatasi ataupun untuk mencegahnya?

Kram otot merupakan hal yang lumrah dan memang sering terjadi dan dialami banyak orang. Kondisi semacam ini tak jarang yang datang secara tiba-tiba bahkan saat anda tidak sedang beraktivitas apapun alias sedang tidur.

Saat otot mengalami kram akan timbul rasa sakit akibat ketegangan yang terjadi. Otot yang yang mengalami tegang secara terus menerus atau dalam waktu yang tidak sebentar inlah yang menyebabkan sakit.

Olahraga atau latihan fisik memang ditengarai sebagai penyebab umum terjadinya kram pada otot ini. Olahraga yang dilakukan dalam waktu lama akan membuat otot melewati batas toleransinya. Seperti yang sering terjadi pada pemain sepakbola atau atlet olahraga. Hal serupa juga akan terjadi jika anda melakukan latihan fitnes secara berlebihan.

Penyebab Kram Otot

Namun penyebab kram otot tiba-tiba hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Sejumlah kalangan medis menyebutkan adanya sejumlah faktor yang dikategorikan sebagai pemicu terjadinya kram pada otot, yaitu:

  • Tubuh yang kekurangan mineral tertentu, seperti magnesium atau kalium.
  • Posisi berdiri atau duduk yang dilakukan terus menerus dan dalam waktu yang lama.
  • Tubuh kekurangan cairan karena kurang minum air putih yang cukup.
  • Pengaruh akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu seperti obat steroid, obat diuretik, ataupun minum pil KB.

Selain hal yang telah disebutkan di atas, ada sejumlah faktor risiko lain yang juga ikut memicu atau membuat anda gampang terserang kram otot, seperti:

  • Karena faktor usia. Semakin tua seseorang maka massa ototnya juga akan semakin berkurang. Kondisi ini akan membuat mereka lebih gampang terkena kram pada otot.
  • Dehidrasi atau kekurangan cairan. Olahragawan atau atlet yang kekurangan cairan lebih gampang mengalami ketegangan pada ototnya.
  • Kehamilan. Masalah kram otot sangat sering terjadi selama kehamilan.
  • Aliran darah yang tidak atau kurang lancar.
  • Jarang melakukan olahraga atau aktivitas fisik.
  • Wanita yang menggunakan sepatu hak tinggi secara terus menerus untuk waktu yang lama juga lebih mudah terkena kram pada ototnya.

Cara Mengatasi Kram Otot

Kondisi kram otot umumnya akan hilang atau reda dengan sendirinya dalam waktu yang tidak lama. Berikut ini beberapa cara mengatasi kram otot tiba-tiba yang bisa anda lakukan.

  1. Pijit-pijit bagian otot yang mengalami kram untuk melemaskan ketegangan yang terjadi.
  2. Lakukan gerakan fisik tertentu untuk membuat perenggangan dan melemaskan otot yang kaku dan tegang.
  3. Untuk membuat otot-otot tubuh agar lebih rileks anda bisa mandi dengan menggunakan air hangat.
  4. Minum air putih yang cukup agar tubuh tidak kekurangan cairan sekaligus untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar tidak dehidrasi.
  5. Jika kram otot menimbulkan rasa sakit yang sangat dan tidak segera hilang, anda bisa minum obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti acetaminophen atau ibuprofen.

Makanan Terbaik untuk Mencegah Kram Otot

Untuk mencegah ataupun mengatasi otot kram anda juga bisa mengonsumsi buah atau makanan yang kaya kandungan magnesiumnya yang memang baik untuk mengatasi hal itu. Diantaranya:

Susu

Susus kaya dengan kandungan kalsium dan kalium yang sangat baik untuk meredakan kram maupun mencegah terjadinya kram setelah berolahraga. Kandungan protein tinggi dalam susu juga baik untuk memperbaiki massa otot.

Jus Tomat

Mengkonsumsi segelas jus tomat setiap hari ternyata juga ampuh mencegah maupun mengatasi kram otot kaki.

Jus Jeruk

Jus jeruk yang kaya dengan kandungan vitamin C sangat baik untuk mengatasi kram otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Buah Semangka

Buah semangka kaya dengan kandungan L-Citrulline tinggi yang juga ampuh untuk mengatasi ketegangan otot. Makan buah ini juga akan mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Itulah beberapa cara mengatasi kram otot serta beberapa pilihan buah dan makanan yang sangat baik untuk membuat otot tidak tegang saat melakukan olahraga atau latihan fisik.