Manfaat Renang Bagi Tubuh Berotot Kuat dan Indah

Untuk mendukung pembentukan otot manfaat renang bagi tubuh sangatlah besar. Apalagi olahraga renang juga memberikan efek positif yang sangat penting baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Dibandingkan olahraga lari atau bersepeda yang hanya bertumpu pada kaki, renang menggerakkan seluruh anggota badan. Apalagi renang tidak mengeluarkan keringat karena langsung terguyur air. Berbeda dengan olahraga lainnya yang berkeringat dan membuat tubuh cepat lelah.

Ada kelebihan lain renang dibandingkan olahraga lainnya. Yang utama adalah aktivitasnya yang cenderung santai sehingga lebih rileks dilaksanakan. Jika tubuh capek saat berenang kita bisa istirahat sambil berendam. Aktivitas semacam ini memberikan efek sekaligus baik untuk kesehatan fisik maupun mentalitas yang lebih santai dan segar.

Selain menyenangkan dan juga menenangkan, aktivitas renang ternyata juga sangat mendukung sebagai jenis olahraga kardio yang besar efeknya untuk tubuh. Bahkan sangat besar manfaat renang bagi tubuh yang lebih berotot dan lebih kuat sehingga penting dilakuan untuk anda yang ingin membentuk tubuh yang ideal.

Manfaat Renang Bagi Tubuh yang Lebih Berotot dan Lebih Kuat

Buat anda yang berlatih gym sebaiknya masukkan jadwal renang sebagai bagian program latihan ini. Berikut ini beragam manfaat renang bagi tubuh yang lebih berotot dan lebih kuat yang sebaiknya anda tahu.

1.Meningkatkan Energi Tubuh

Gerakan fisik saat berenang membuat semua otot bekerja secara optimal. Gerakan semacam ini ternyata sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi tubuh. Bahkan hanya dengan melakukan renang sekitar 30 menit saja sudah sangat berguna untuk membangun energi dan membuat tubuh bersemangat melakukan aktivitas lain dengan lebih baik.

2.Membangun dan Memperkuat Massa Otot

Gerakan renang yang melibatkan seluruh anggota tubuh juga berguna untuk melatih otot secara optimal. Bahkan dalam sejumlah gaya berenang terdapat fungsi atau tujuan tertentu untuk mengoptimalkan gerakan otot. Manfaat renang gaya dada sangat tepat untuk menguatkan otot bagian dada. Jenis renang ini juga sangat penting untuk dilakukan buat anda yang ingin membentuk otot dada dan perut.

Baca juga: Ingin Perut Rata Tanpa Olahraga? Lakukan 7 Kebiasaan Ini!

Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat renang bagi tubuh terutama pada kemampuan gerakan olahraga ini yang mampu meningkatkan massa otot trisep sampai 25 persen. Otot trisep ada pada bagian belakang lengan atas ini akan meningkat setelah berolahraga renang 8 minggu.

3.Mendukung Program Diet

Untuk membentuk tubuh ideal tak cukup dengan hanya latihan fitnes di gym saja. Anda juga harus menerapkan diet yang tepat agar berat badan juga terbentuk. Selain itu dengan olahraga renang juga sangat berguna untuk membantu menurunkan berat badan sekaligus membentuk tubuh ideal.

Penelitian menemukan olahraga selama 1 jam mampu membakar lemak hingga 715 kalori. Jika olah raga ini dilakukan lebih lama atau lebih sering tentunya hasilnya akan lebih optimal. Bahkan renang yang diprogram mampu menurunkan bobot pinggang dan pinggul sekaligus membentuk tubuh.

4.Meredakan Stres dan Menguatkan Mental

Gerakan fisik yang melibatkan seluruh tubuh sangat berguna untuk meningkatkan energi. Guyuran air kolam atau terendamnya seluruh tubuh selama berenang juga memberikan efek psikologis yang sangat menenangkan. Karena itulah jika anda stres dengan aktivitas kerja yang padat sangat baik diatasi dengan berenang.

Dengan berenang selama 30 menit saja akan memberikan manfaat yang besar dan membuat tubuh lebih rileks dan terbebas dari stres. Manfaat renang juga akan membuat tidur lebih nyenyak. Kondisi mental yang baik sangat penting untuk kesehatan fisik yang lebih baik.

Masih ada banyak lagi manfaat renang untuk kesehatan fisik maupun mental. Dengan melakukan renangn secara teratur juga akan mempercepat pembentukan otot tubuh yang lebih kuat.