Memilih Program Latihan Fitnes Untuk Pemula Wanita

Memilih program latihan fitnes untuk pemula wanita tak jarang membuat bingung. Apalagi jika tujuan untuk melakukan fitnes begitu banyak. Baik untuk membentuk tubuh, memperindah penampilan, ataupun untuk menjaga kesehatan.

Buat anda yang baru ingin memulai latihan fitnes tak perlu bingung. Sebelum memulai latihan sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan anda dalam melakukan fitnes. Jika anda ingin membentuk tubuh, anda perlu memilih program yang sesuai.

Selain itu anda juga perlu memahami bahwa tubuh membutuhkan penyesuaian agar hasilnya efektif. Anda tidak perlu melakukan latihan dengan frekuensi yang terlalu sering. Mulai saja dengan dua atau tiga kali latihan dalam seminggu. Jika nantinya anda merasa perlu meningkatkan frekuensinya bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan dan kemampuan tubuh.

Jenis Alat Fitnes yang Tepat untuk Wanita

Buat anda yang masih pemula mungkin belum mengetahui apa saja alat fitnes yang ada dan apa pula kegunaannya. Setelah anda menentukan program latihan yang sesuai dengan tujuan anda, anda bisa memilih aat fitnes yang sesuai. Berikut ini sejumlah alat fitnes yang cocok untuk wanita.

Exercise Bike

Alat fitnes ini berbentuk sepeda portable yang digunakan seperti mengayuh sepeda namun berbentuk statis. Selain mudah digunakan dan aman, alat ini juga termasuk populer di kalangan gym perempuan. Alat ini sangat baik fungsinya untuk membentuk otot kaki dan paha maupun untuk menjaga kesehatan.

Baca juga: Kesalahan Umum Yang Dilakukan Pemula Dalam Fitness

Stability Ball

Alat fitnes ini berupa bola yang besar yang juga populer di kalangan wanita. Selain mudah dan aman digunakan, alat ini biasa digunakan untuk beragam jenis latihan dasar. Diantaranya anda bisa berlatih push up, sit up, pilates, atau yang lainnya. Alat fitnes ini cocok untuk wanita.

Cable Pull

Buat anda pemula wanita yang ingin melatih otot lengan dan kaki anda bisa menggunakan alat yang bernama cable pull. Alat alat dengan tali karet ini bisa ditarik untuk melatih otot. Selain digunakan untuk melatih otot tangan, alat ini juga mudah digunakan untuk menguatkan otot kaki.

Jenis Latihan Fitnes Untuk Pemula Wanita

Setelah mengenal beberapa alat fitnes yang cocok untuk wanita, langkah berikutnya adalah memilih jenis latihan fitnes untuk pemula wanita sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut ini beberapa jenis latihan program fitnes untuk pemula yang bisa anda lakukan khususnya untuk pemula wanita.

Latihan Kardio

Latihan kardio merupakan jenis latihan dasar fitnes yang berguna untuk semua tujuan anda mengikuti fitnes. Ada bebeberapa jenis latihan ini yang bisa dipilih, seperti lari dengan elyptical training machine atau treadmill, atau bersepeda, atau yang lainnya.

Latihan lari dengan alat statis sangat baik untuk meningkatkan kekuatan otot di sekitar paha atas, pantat, dan perut bagian bawah. Namun jika anda ingin membentuk tubuh latihan treadmill sebaiknya dilakukan setelah melakukan latihan weight training.

Latihan Beban

Latihan fitnes lainnya yang bisa dipilih adalah latihan beban. Latihan ini juga berguna untuk menguatkan otot dan membentuk tubuh. Latihan fitnes untuk pemula wanita bisa anda mulai dengan repetisi sedang dan berat beban yang ringan terlebih dahulu.

Setelah beberapa lama anda bisa meningkatkan repitisanya maupun berat babannya secara bertahap. Lakukan gerakan gym untuk pemula ini setidaknya 2 hingga 3 minggu sekali dan bisa anda tingkatkan jika dirasa perlu.

Latihan Fleksibilitas

Latihan fitnes lainnya yang juga bisa dipilih adalah latihan fleksibilitas. Latihan ini sangat berguna untuk memperbaiki postur tubuh ataupun mengurangi ketegangan otot.

Lakukan peregangan pada akhir dari setiap jenis latihan yang anda lakukan. Peregangan berguna untuk membuat otot lebih rileks.

Demikianlah tips mudah dalam memilih program latihan fitnes untuk pemula wanita yang semoga bermanfaat untuk anda.