Mengenal Overtraining dan Cara Mengatasinya

Mengenal Overtraining dan Cara MengatasinyaProgramFitnes.com – Overtraining dapat menghantui siapa saja baik pria dan wanita. Overtraining adalah suatu kondisi dimana tubuh mengalami kelelahan yang berlebihan, baik itu akibat intensitas latihan yang terlalu tinggi atau tubuh yang kurang istirahat. Salah satu tanda yang paling umum terjadi apabila anda mengalami overtraining ialah anda merasa kelelahan yang berlebihan selama 72 jam. Apabila hal ini sudah anda rasakan, kemungkinan anda sudah mengalami overtraining. Overtraining bisa terjadi di kategori olahraga apa saja, dan overtraining dapat terjadi baik oleh pemula ataupun atlet professional sekalipun.

Kita wajib mengetahui gejala–gejala utama apabila kita mengalami overtraining :

  1. Meningkatnya denyut nadi anda setelah selesai berolahraga
  2. Terus menerus merasa lelah yang luar biasa
  3. Hilangnya nafsu makan
  4. Turunnya kekuatan dan daya tahan tubuh
  5. Tidak bisa tidur (insomnia)
  6. Depresi
  7. Otot yang terasa sakit terus menerus
  8. Gampang terserang penyakit akibat penurunan daya tahan tubuh.

Apabila anda sudah mengalami beberapa gejala diatas, sudah dipastikan anda terkena overtraining. Apabila anda masih terus berlatih tanpa memperdulikan gejala ini, anda kemungkinan akan mengalami cedera serius.

Untuk mengatasi masalah overtraining ini, sudah pasti anda harus beristirahat total. Untuk mengembalikan kondisi tubuh kembali fit, diimbangi dengan suplemen dan vitamin yang membantu mempercepat pemulihan tubuh seperti BCAA, L-Glutamine, Vitamin C, dan lain-lain. Selain itu, diimbangi pula dengan mengkonsumsi makanan bergizi lengkap agar pemulihan tubuh bisa lebih maksimal.

Overtraining harus dihindari karena efeknya sangat buruk sekali pada tubuh anda. Untuk menghindarinya, anda harus mengenali kemampuan tubuh anda sendiri dalam berolahraga. Apabila anda sudah mengetahui kemampuan diri anda, anda akan mampu menentukkan intensitas latihan seperti apa yang akan anda jalankan. Jangan berolahraga lebih dari 60 – 90 menit, karena berolahraga terlalu lama disertai dengan jenis olahraga berintensitas tinggi akan memicu overtraining pada tubuh anda. Pastikan tubuh anda mendapatkan istirahat yang cukup setiap selesai berolahraga, hindari bergadang, berikan waktu tidur yang cukup bagi tubuh anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.