Otot Tubuh Besar Sebelah? Ini Cara Mengatasinya!

Anda sudah disiplin melakukan latihan fitnes namun otot tubuh besar sebelah? Lantas bagaimana cara mengatasinya? Beberapa orang termasuk anda mungkin pernah atau sedang mengalami hal semacam ini.

Otot tubuh yang mengalami besar dan kuat pada bagian sebelah dan kurang pada bagian lain merupakan hal yang sebenarnya lumrah. Hal ini terutama karena kabiasaan kita dalam melakukan berbagai aktivitas. Ada yang dominan dengan tangan atau bagian tubuh yang kanan namun ada juga yang kidal atau lebih mampu dengan tangan kiri.

Penyebab Otot Besar Sebelah

Jika anda mengalami peningkatan massa otot yang tidak seimbang setelah melakukan rutin latihan fitnes bisa jadi latihan yang anda lakukan salah. Kesalahan ini terutama karena anda tidak melakukannya secara seimbang antara kedua bagian tubuh.

Faktor lain yang mungkin menyebabkan tidak seimbangnya kekuatan otot tubuh bukan pada program latihan anda melainkan pada kedisiplinan anda yang kurang. Sebab, program latihan fitnes yang direncanakan dengan baik sudah semestinya akan baik dan memberikan hasil yang optimal.

Sebuah program latihan untuk membentuk massa otot tubuh sudah semestinya dirancang dan direncanakan untuk melatih seluruh bagian tubuh secara seimbang dan merata.

Dalam beberapa kasus, para pemula yang senang atau lebih memilih latihan dengan metode Bodypart Split, seperti Chest Day, Back Day, dll umumnya akan mengalami muscle imbalance atau ketidakseimbangan otot. Tentu saja ini terjadi karena mereka melakukan latihan yang tidak disiplin.

Sebenarnya masalah ini bisa diulas secara logis bahwa bagian tubuh yang mendapatkan porsi latihan lebih tentunya akan menghasilkan massa otot yang lebih menonjol dibandingkan yang kurang porsi latihannya.

Begitu juga jika kita hanya fokus melakukan latihan pada salah satu bagian tubuh tentunya hanya bagian tubuh itu yang akan cepat bertambah besar dan kuat dibandingkan yang tidak dilatih.

Hal ini memang banyak dialami orang yang berlatih bodypart split karena umumnya mereka akan lebih seneng dan lebih fokus melatih tubuh bagian atas dan tangan saja sehingga melupakan bagian lainnya.

Cara Mengatasi Otot Tubuh Besar Sebelah

Lantas persoalannya bagaimana cara mengatasi otot tubuh besar sebelah? Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan program Full Body Workout atau Lower / Upper Split. Latihan ini akan memberikan beban yang seimbang terhadap tubuh dengan akan membuat otot kedua sisi juga berkembang secara seimbang.

Sebenarnya program bodypart split juga tidaklah jelek karena latihan inipun akan bisa memberikan dan meningkatkan kekuatan otot secara seimbang. Syaratnya, anda yang melakukannya juga harus disiplin dalam berlatihan dengan memberikan porsi yang seimbang pada bagian tubuh.

Cara lain untuk mengatasi dan memperbaiki otot besar sebelah adalah dengan memilih Free-Weights untuk latihannya. Dengan melakukan latihan menggunakan free weights akan mengkondisikan kita untuk selalu menjaga beban yang diangkat agar seimbang. Bahkan beban ini akan secara naluri membuat keseimbangan saat kita meningkatkan bebannya.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dan memperbaiki otot tubuh yang besar sebelah. Selain dengan bebepa cara di atas sebenarnya ada banyak cara lain yang bisa anda lakukan, termasuk dalam memilih alat maupun latihan yang anda sukai. Hanya saja agar kedua sisi tubuh atau tangan ingin besar dan kuat secara seiimbang tentunya anda juga harus memperhatikan porsi latihannya yang juga harus seimbang.

Itulah sedikit informasi tentang kasus otot tubuh besar sebelah dan cara mengatasinya yang semoga bermanfat dan bisa menambah inspirasi buat anda agar hasil latihan fitnes lebih optimal.