Rekomendasi Makanan Berserat Tinggi Untuk Diet Sehat

Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan berserat tinggi untuk diet yang bisa dipilih. Serat banyak manfaatnya untuk tubuh. Selain bagus untuk membantu menurunkan berat badan, serat juga ampuh untuk melancarkan pencernaan maupun menurunkan kolesterol.

Selain dapat menekan risiko penyakit jantung dan diabetes, mengkonsumsi makanan berserat (fiber) yang cukup setiap harinya dapat mencegah dan terhindar dari berbagai ancaman penyakit, seperti stroke, kanker usus besar, diabetes tipe 2, penyakit hati, ataupun masalah sembelit dan gangguan BAB.

Mengkonsumsi makanan berserat sangat berguna untuk membuat perut kenyang lebih cepat dan juga lebih lama. Hal ini tentunya akan berguna untuk menjaga berat badan yang ideal. Namun apa saja sumber makanan berserat tinggi untuk diet yang terbaik dan berapa porsi konsumsi yang ideal untuk diet?

Tips Mengkonsumsi Makanan Berserat Tinggi Untuk Diet

Sebelum memilih sumber makanan berserat terbaik, ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips penting dalam menjalankan program diet anda seperti di bawah ini.

Untuk membuat program diet anda menjadi sukses dan efektif, ada baiknya dalam mengkonsumsi sumber makanan berserat tinggi, anda memperhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Jangan tergantung pada satu atau dua jenis makanan saja untuk diet. Sebaliknya, variasikan menu diet dengan berbagai jenis makanan yang berlainan dan kaya serat. Hal ini akan memberikan manfaat yang optimal dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.
  2. Untuk makanan berserat alami dari buah dan sayuran, biasakan mengkonsumsinya bersama dengan kulitnya. Kulit buah juga mengandung banyak nutrisi penting yang tak bisa dianggap sebelah mata.
  3. Batasi konsumsi makanan berserat anda karena makan terlalu banyak justru bisa menyebabkan perut kembung.
  4. Mengkonsumsi makanan berserat tetap harus diimbangi dengan minum air yang cukup. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya sembelit yang parah. Apalagi tubuh juga membutuhkan asupan cairan yang cukup agar seluruh organ tubuh bekerja secara optimal.
  5. Jika anda suka ngemil, sebaiknya ganti cemilan anda dengan buah-buahan segar atau kacang alami tanpa gula atau garam tambahan.
  6. Kalaupun anda harus mengkonsumsi makanan kemasan, sebaiknya teliti kandungan serat pada label kemasan dan sesuaikan dengan kebutuhan diet anda.

Rekomendasi Makanan Berserat Tinggi Untuk Diet Sehat

Nah, untuk anda yang ingin menjalankan program diet sehat, berikut ini rekomendasi makanan berserat tinggi untuk diet sehat yang sebaiknya masuk dalam menu harian anda.

Kentang

Kentang bukan hanya kaya serat namun juga tak mengandung sama sekali natrium, lemak, ataupun kolesterol. Kentang juga kaya vitamin C dan kalium. Namun dalam mengkonsumsinya kentang sebaiknya dikukus dan bukan digoreng.

Alpukat

Alpukat atau avocado merupakan makanan diet yang sangat disukai. Kandungan serat dalam 1 buah ini sebanyak 10 gram yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi buah ini juga berkhasiat untuk regenerasi sel darah merah, mencegah anemia, maupun untuk perawatan kecantikan.

Oatmeal

Kandungan serat dalam oatmeal bernama beta glucan, jenis khusus serat yang mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. Serat oatmeal juga ada jenis serat larut dan serat tidak larut yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Sayuran Pare

Meskipun rasanya pahit, namun buah sayuran ini sangat kaya nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Pare juga kaya dengan kandungan asam amino, karatin, kalsium, dan vitamin C. Sedangkan untuk kandungan serat pare sebanyak 0,8 gram per-100 gramnya.

Selain makanan yang telah disebutkan di atas, ada berbagai sumber makanan berserat yang juga sangat direkomendasikan untuk anda. Diantaranya sayuran hijau, almond, kacang kedelai, buah pisang, buah pepaya, beras merah, buah berry, apel, buah mangga, dan buah pir. Itulah berbagai rekomendasi makanan berserat tinggi untuk diet sehat yang bisa anda pilih dan variasikan untuk menu harian anda dan semoga bermanfaat.