Sempurnakan Push-up Anda dengan Menghindari Kesalahan Ini

Push-up adalah latihan yang sangat penting dan mendasar. Push-up merupakan gerakan yang latihan dada yang melibatkan seluruh anggota tubuh dan fokus mental. Latihan push-up bisa diterapkan di mana saja. Jadi Anda tidak perlu menggunakan beban tambahan untuk latihan.

Walau begitu, masih ada beberapa orang yang masih salah dalam melakukan latihan push-up. Agar push-up Anda sempurna, perbaiki kesalahan-kesalahan yang kerap dilakukan berikut ini!

1. Posisi punggung melengkung

Kesalahan umum dalam push-up adalah posisi punggung Anda melengkung. Hal ini terjadi karena pinggul Anda terlalu tinggi. Ini mengakibatkan semua tekanan tertahan di punggung bawah Anda.

Cara mengatasinya adalah posisikan pinggul Anda di bawah dan kencangkan perut untuk melibatkan otot core. Setelah itu luruskan punggung bawah Anda.

2. Membiarkan pinggul melengkung ke bawah

Kesalahan umum lainnya adalah membiarkan posisi pinggul Anda melengkung ke bawah. Posisi pinggul yang terlalu rendah. Hal ini menimbulkan beban yang diterima punggung menjadi bagian yang terberat saat latihan.

Cara mengatasinya adalah dengan meluruskan pinggul Anda dengan punggung. Ulangi lagi jika pinggul Anda mulai melengkung ke bawah.

3. Siku yang melebar

Tabu untuk menempatkan bahu Anda pada posisi rentan. Baik itu posisi lebar maupun posisi sempit, siku Anda harus selalu menekuk. Hal ini dikarenakan siku yang menekuk adalah posisi yang nyaman untuk bahu Anda.

Anda bisa mengatasinya dengan membiarkan siku menekuk ke belakang. Biarkan bahu Anda netral saat melakukan dorongan ke bawah.

4. Melakukan gerakan push-up yang nanggung

Biasanya ego ini sering muncul saat Anda melakukan push-up. Anda ingin melakukan push-up sebanyak mungkin. Namun yang tidak Anda sadari adalah Anda sebenarnya tidak melakukan apapun jika Anda tidak melakukan rentang gerak penuh. Push-up berkaitan dengan kualitas bukan kuantitas. Cara untuk mengatasi hal tersebut adalah meluangkan waktu dan lepaskan ego Anda. Kejar angka minimal Anda, lalu fokuslah melakukan gerakan dengan benar.

5. Membiarkan kepala menggantung dan muka menghadap ke bawah

Push-up dengan kepala menggantung dan muka menghadap ke bawah memberikan tekanan pada bahu dan leher Anda. Push-up yang benar adalah ketika muka Anda menghadap ke depan dan kepala tidak menggantung.

Anda bisa mengantisipasi dengan angkat kepala Anda ke posisi netral sebelum push-up. Lalu tahan posisi netral selama melakukan push-up.

6. Membiarkan jari terlalu rapat

Jika jari Anda saling merapat, maka pergelangan tangan Anda menerima banyak tekanan. Ketika push-up sebaiknya jari Anda membuka selebar mungkin. Hal ini agar beban yang diterima bisa merata.

Namun, jika dirasa pergelangan tangan Anda nyeri karena mobilitas pergelangan tangan yang kurang baik, Anda bisa memodifikasi Push-up Anda dengan memakai satu set dumbbell atau push-up knuckle.

Dengan menghindari kesalahan di atas, Anda akan mendapatkan manfaat yang maksimal dari gerakan push-up. Selamat mencoba!