Untuk yang Mudah Gemuk, Ini 4 Kiat Membentuk Otot Tanpa Menambah Lemak!

Programfitnes.com – Tiap orang memiliki tipe tubuh yang berbeda. Nah, pola latihan dan makannnya tentu harus disesuaikan dengan tipe tubuhnya tersebut.

Jika memiliki tipe tubuh endomorf yang mudah gemuk, sebaiknya Anda menghindari program latihan dan diet yang ditujukan bagi mereka yang bertubuh kurus. Sebab, hal ini justru bisa menjadi bumerang bagi tubuh Anda. Alih-alih semakin langsing, bisa-bisa Anda malah menimbun makin banyak lemak.

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk membentuk otot tanpa menimbun lemak? Simak kiatnya berikut ini.

1. Tingkatkan frekuensi dan volume latihan

Agar tubuh lebih banyak memanfaatkan karbohidrat, Anda perlu meningkatkan sensitivitas insulin. Nah, ternyata latihan beban mampu membuat jaringan otot lebih sensitif terhadap karbohidrat. Setelah latihan menggunakan beban berat yang melelahkan, jaringan otot Anda akan menyerap karbohidrat untuk mendorong pemulihan.

Dengan kata lain, semakin tinggi volume latihannya, Anda juga akan semakin sensitif terhadap karbohidrat. Berlatihlah dengan meningkatkan volume secara bertahap sembari mengaplikasikan teknik-teknik metabolik seperti dropset, superset, dan kardio interval untuk memaksimalkan pembakaran lemak.

2. Kurangi karbo selagi aktivitas Anda tidak berat

Anda tidak perlu menghindari karbohidrat sama sekali, sebab karbo dibutuhkan otot sebagai sumber energi dan menunjang pemulihan. Masalahnya, karbo juga mudah menumpuk menjadi lemak. Lalu bagaimana solusinya?

Solusinya sebenarnya sederhana: Kurangi asupan karbohidrat jika aktivitas Anda tidak berat. Anda bisa menghindari karbo pada saat sarapan dan menggantinya dengan sumber protein dan lemak sehat. Jika waktunya berlatih telah tiba, manfaatkan sumber karbohidrat seperti minuman energi untuk menunjang aktivitas Anda selama di gym.

Dengan asupan karbo yang cukup selama sesi latihan, Anda dapat menjaga kadar kortisol tetap rendah. Hal ini membantu memaksimalkan pembentukan otot Anda.

Nah, seusai latihan, Anda dapat mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk mendorong proses pemulihan otot pasca-latihan.

3. Manfaatkan terapi panas untuk tubuh Anda

Terapi panas, seperti sauna, mampu memperbaiki sensitivitas insulin dengan menekan inflamasi. Sensitivitas insulin merupakan salah satu kunci untuk menghilangkan lemak. Jadi, Anda perlu memprioritaskan cara-cara yang bisa membantu meningkatkan sensitivitas insulin tersebut.

Berendam air panas atau sauna mampu meningkatkan temperatur inti tubuh Anda, yang menimbulkan efek heat shock pada sel Anda. Selain memperbaiki sensitivitas insulin dengan menekan inflamasi, cara ini juga mampu memperlancar aliran darah pada otot yang dilatih.

Agar efeknya terus bertahan, lakukan mandi sauna beberapa kali seminggu usai latihan yang berat.

4. Kurangi lemak putih dan naikkan jumlah lemak sehat

Tubuh Anda memiliki beberapa jenis jaringan lemak atau adiposa, tapi yang paling relevan adalah lemak putih dan lemak cokelat. Sel lemak putih merupakan salah satu kelenjar endokrin yang mengatur berbagai proses biologis tubuh. Masalahnya, lemak ini bisa menumpuk dan membuat Anda tampak gemuk.

Jika lemak putih berfungsi menyimpan energi, lemak cokelat sebaliknya, yaitu mengeluarkan energi. Semakin minim jumlah lemak putih, maka jumlah jaringan lemak cokelat akan semakin melimpah.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambah jumlah sel lemak cokelat, antara lain dengan berolahraga, cukup memperoleh sinar matahari, serta rajin mengonsumsi makanan pedas, ikan laut, daging, dan teh hijau.

Nah, itu dia beberapa kiat jitu untuk membentuk otot tanpa menimbun lemak. Semoga penjelasan di atas membuat Anda makin semangat berlatih!