5 Gerakan Sederhana Untuk Membentuk Betis

5 Gerakan Sederhana Untuk Membentuk BetisProgramFitnes.com – Otot betis adalah bagian tubuh yang sering terlupakan pada saat melatih otot kaki, padahal otot betis merupakan bagian dari otot kaki yang selalu terbuka saat anda mengenakan celana pendek. Apabila otot betis anda tidak terlihat berisi, maka bagian kaki anda akan seperti paha ayam yang hanya besar di bagian paha dan kecil di betis sehingga tubuh anda terlihat aneh.

Untuk melatih otot betis tidaklah rumit, terdapat 5 gerakan sederhana untuk meningkatkan massa otot betis anda sehingga terlihat lebih proporsional :

1. Seated Calf Raise

Gerakan ini sangat efektif dalam membentuk otot betis anda karena pada latihan ini posisi kaki anda akan tertekuk membentuk sudut 90ยบ, sehingga kontraksi yang diberikan pada otot betis akan lebih terasa.

2. Leg Press Calf Raise

Pada mesin Leg Press ini, akan lebih mengisolasi otot betis anda sehingga yang bekerja hanya otot betis saja tidak dibantu dengan otot lain seperti otot paha.

3. Standing Machine Calf Raise

Apabila di gym tempat anda berlatih memiliki alat ini, maka bisa anda jadikan salah satu variasi latihan untuk membentuk otot betis anda. Apabila tidak, anda bisa menggunakan barbell untuk menggantikan fungsi mesin tersebut.

Standing Calf Raise With Smith Machine

4. Unilateral Calf Raise

Ini adalah salah satu pengembangan dari jenis latihan standing calf raise dengan melakukannya per kaki. Latihan ini dapat mengurangi ketidakseimbangan dalam pertumbuhan otot betis anda.

5. Jumping Rope/Skipping

Latihan sederhana ini selain mampu membakar lemak, meningkatkan daya tahan tubuh, ternyata juga mampu membentuk otot betis anda. Lakukan jumping rope dengan cara berjinjit saat mendaratkan kaki, bukan menapakkan kaki secara keseluruhan agar otot betis anda dapat berkontraksi secara maksimal.

Masukkan satu sampai 3 jenis latihan untuk membentuk otot betis ini dalam program rutin otot kaki anda, agar massa otot betis anda meningkat secara maksimal.