7 Keunggulan dari Latihan Dumbbell

ProgramFitnes.com – Kita tidak sedang membahas dumbbell 1 kg dan olahraga aerobik, melainkan latihan beban menggunakan dumbbell. Alat yang satu ini punya beberapa keunggulan dibandingkan dengan barbell.

Bahkan, target massa otot dan kekuatan Anda bisa dicapai dengan dumbbell ini. Inilah sejumlah keunggulan latihan dumbbell yang membuatnya layak dimasukkan ke dalam rutinitas latihan Anda.

1. Stabilisasi dan Aktivasi

Image credit: roguefitness.com
Image credit: roguefitness.com
jual suplemen fitnes

Sebuah studi membandingkan aktivitas EMG pada dada, trisep, dan bisep ketika melakukan gerakan barbell bench press, smith machine bench press, dan dumbbell bench press. Dumbbell dan barbell bench press memiliki kemiripan dalam aktivitas dada dan trisep.

Sementara, aktivitas bisep jauh lebih tinggi ketika menggunakan dumbbell. Ini karena dumbbell memerlukan stabilisasi yang lebih tinggi, sehingga dapat mengaktifkan lebih banyak serat otot.

(Baca juga: 8 Hal yang harus Dihindari Saat Melatih Bisep)

2. Menyingkirkan Ketidakseimbangan Kekuatan

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Dumbbell memaksa anggota tubuh Anda untuk bergerak secara unilateral. Ketika salah satu sisi jauh lebih lemah, maka ia tak bisa lari atau sembunyi. Karena beban tidak bisa dikompensasikan ke sisi yang lain, dumbbell sangat efektif untuk menyingkirkan ketidakseimbangan kekuatan.

(Baca juga: Latihan Unilateral Untuk Meningkatkan Massa Otot)

3. Keamanan

Image credit: 1zoom.net
Image credit: 1zoom.net

Gagal melakukan heavy barbell squat atau bench press tanpa didampingi spotter bisa membuat tubuh Anda tergilas barbell. Sementara, hal ini sama sekali takkan terjadi dengan dumbbell, sebab Anda bisa langsung menjatuhkannya dengan aman begitu gagal melakukan rep.

4. Teknik Intensitas Ekstrem

Image credit: muscleandfitness.com
Image credit: muscleandfitness.com

Teknik-teknik latihan seperti rest-pause dan drop set lebih mudah diatur dan bahkan menjadi hal yang biasa bagi pelatih tunggal dengan dumbbell. Teknik rack and run hanya dapat dilakukan pada latihan dumbbell. Teknik intensitas tinggi biasanya dihindari pada latihan barbell tanpa spotter, sementara pada dumbbell sebaliknya.

5. Meningkatkan Rentang Gerak

Image credit: www.muscleandfitness.com
Image credit: www.muscleandfitness.com

Salah satu cara paling efektif membuat otot kelebihan beban untuk tujuan kekuatan maupun pembentukan otot adalah dengan meningkatkan rentang gerakan. Rentang gerak yang Anda dapatkan dari gerakan barbell row atau press biasanya terbatas, tapi tidak dengan variasi dumbbell.

Dumbbell mampu memberikan dimensi baru bagi gerakan otot Anda dengan memperpanjang rentang geraknya.

6. Kebebasan Bergerak

Image credit: muscleandstrength.com
Image credit: muscleandstrength.com

Saat melakukan bench press dengan barbell, lengan dan bahu Anda berada dalam posisi tetap dan bergerak sesuai pola gerak tertentu. Sebaliknya, dumbbell press membolehkan Anda untuk sedikit mengubah pola gerak dan membiarkan bahu bergerak lebih bebas.

Posisi yang tetap pada barbell press juga membuat Anda kesulitan jika beban menyentuh area di mana Anda merasakan sakit. Sementara, dengan dumbbell press Anda dapat memutar bahu atau membawa dumbbell lebih tinggi atau lebih rendah untuk menyasar otot secara spesifik dan melakukan press tanpa rasa sakit.

7. Mencegah Cidera

Image credit: menshealth.co.uk
Image credit: menshealth.co.uk

Dalam jangka panjang, rentang gerak yang lebih natural dan bebas lewat penggunaan dumbbell mampu mengurangi cidera. Lebih jauh lagi, dengan menemukan dan menyingkirkan ketidakseimbangan otot, kemungkinan cidera bisa jauh berkurang.

Lewat tujuh keunggulan yang disebutkan di atas, tentunya kemampuan dumbbell tidak boleh diremehkan. Jadi, jangan ragu untuk berlatih dengannya!

 

jual suplemen fitnes
BAGIKAN