8 Alasan Mengapa Wanita Perlu Melakukan Latihan Beban

8 Alasan Mengapa Wanita Perlu Melakukan Latihan Beban
Image credit : vemale.com

ProgramFitnes.com – Bentuk tubuh yang ideal tak cuma diincar kaum pria, tapi juga diidamkan oleh kaum hawa. Memiliki tubuh yang sehat dan kencang tentu menaikkan rasa percaya diri. Sayangnya, seringkali jogging dan yoga pun tak menampakkan hasil yang memuaskan terhadap perubahan bentuk tubuh anda.

Bila demikian, tentu tak ada salahnya untuk mencoba latihan beban. Memang, anda mungkin kuatir bakal jadi berotot seperti cowok, tapi hal itu hanyalah mitos, kok. Sebaliknya, banyak manfaat yang bisa anda dapatkan lewat latihan yang satu ini.

jual suplemen fitnes

Nah, biar anda makin yakin, yuk simak delapan alasan mengapa wanita perlu melakukan latihan beban berikut ini!

1. Lebih Efektif Membakar Lemak

Image credit: www.bodybuilding.com
Image credit: www.bodybuilding.com

Banyak yang menganggap bahwa latihan beban hanya bikin otot menjadi besar. Padahal, latihan beban jauh lebih efektif membakar kalori dibandingkan latihan kardio.

Salah satu manfaat terbesar dari latihan beban adalah membantu tubuh anda membakar lemak dan meningkatkan metabolisme, bahkan berjam-jam setelah latihan usai. Ini dikenal dengan istilah excess post-exercise oxygen consumption (EPOC) di mana tubuh anda terus mengkonsumsi oksigen tambahan seusai latihan, sehingga kalori juga terus terbakar.

2. Massa Otot Sebanding dengan Tingkat Metabolisme

Image credit: www.bodybuildingwomen.com
Image credit: www.bodybuildingwomen.com

Setiap kontraksi otot, mulai dari bernapas sampai angkat beban, membutuhkan kalori untuk dibakar. Nah, bila anda rutin melakukan latihan beban, kalori yang digunakan tentu jauh lebih banyak dibanding hanya duduk diam.

Tak hanya itu. Seiring meningkatnya kekuatan dan massa otot tanpa lemak, tubuh anda juga membakar kalori dengan lebih efisien. Ini berarti lebih banyak kalori yang dibakar setiap harinya ketika massa otot anda lebih banyak dari sebelumnya.

3. Membantu Membentuk Lekuk Tubuh

Image credit: www.womenshealthmag.co.uk
Image credit: www.womenshealthmag.co.uk

Dengan meningkatnya massa otot dan berkurangnya timbunan lemak, tubuh anda jelas bakal terlihat lebih menawan dibanding sebelumnya. Ini karena otot anda menciptakan lekuk tubuh yang sensual. Siapa sih yang gak menginginkan tubuh yang tampak lebih bugar di depan cermin?

4. Tidur yang Lebih Berkualitas

Image credit: www.theguardian.com
Image credit: www.theguardian.com

Latihan beban dapat membantu meningkatkan kualitas tidur anda, membuat lebih gampang tidur nyenyak di malam hari. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di International SportMed Journal, latihan beban atau latihan intensitas tinggi di pagi hari sangat mempengaruhi kualitas tidur dan memperpanjang waktu tidur di malam hari seusai latihan.

5. Meningkatkan Energi

Image credit: www.popsugar.com.au
Image credit: www.popsugar.com.au

Seperti yang telah dijelaskan di atas, latihan beban menyebabkan peningkatkan penggunaan energi berjam-jam setelah latihan. Sebuah studi yang diterbitkan pada National Institute of Health mengungkapkan bahwa kenaikan pengeluaran energi juga berefek pada keseimbangan energi dan pembakaran lemak.

Jadi, alih-alih mengkonsumsi kopi di siang hari, ambil barbel dan lakukan latihan ringan.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Image credit: cargocollective.com
Image credit: cargocollective.com

Sejumlah studi menunjukkan bahwa rutin melakukan angkat beban dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Sebab, latihan beban dapat mencegah sejumlah faktor risiko penyakit jantung menghampiri anda. Faktor tersebut antara lain lingkar pinggang yang lebar, kadar trigliserida yang tinggi, serta kadar gula dan tekanan darah yang tinggi.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Image credit: evolutionchiropracticnj.com
Image credit: evolutionchiropracticnj.com

Seiring meningkatnya usia, anda berisiko mengalami kehilangan kepadatan tulang dan massa otot. Wanita pasca-menopause bahkan lebih berisiko terhadap osteoporosis karena tubuh mereka tak lagi melepaskan estrogen. Latihan beban merupakan cara yang ampuh untuk menghalangi pengeroposan tulang dan mencegah osteoporosis.

Berdasarkan studi yang dilakukan di McMaster University, terungkap bahwa wanita yang telah menopause mengalami peningkatan massa tulang belakang sampai 9 persen setelah melakukan latihan beban selama setahun. Tentunya, semakin dini anda melakukannya, semakin besar kesempatan anda untuk menjaga kesehatan tulang.

8. Membantu Menghalau Stres

Image credit: www.healthline.com
Image credit: www.healthline.com

Kalau anda mudah mengalami stres, latihan beban bisa membantu, lho. Mereka yang terbiasa melakukan latihan beban umumnya lebih baik dalam mengelola stres dan lebih jarang mengalami reaksi stres. Terlebih, latihan beban juga membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif.

Dengan sejumlah manfaat di atas, tentu tak perlu pikir-pikir lagi untuk mencoba angkat beban, bukan? Selamat berlatih!

jual suplemen fitnes