Dibalik Cerahnya Tomat

Dibalik Cerahnya TomatProgramFitnes.com – Buah tomat adalah buah yang tidak asing lagi di telinga anda bukan? Buah yang juga sekaligus sayuran ini kaya akan nutrisi dan sumber vitamin A yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Tomat jarang dimakan sekaligus, biasanya tomat dijadikan pelengkap makanan, seperti lalapan, dibuat jus, dibuat sambal, dan lain-lain.

Dibalik cerahnya buat tomat, ternyata tomat adalah buah atau sayuran yang mengandung zat antioksidan cukup tinggi yang membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menghaluskan dan mencerahkan kulit, mencegah hipertensi, dan lainnya. Di dalam buah tomat terkandung zat likopen yang merupakan zat antioksidan utama pada tomat. Likopen merupakan pigmen karotenoid, yaitu zat pewarna merah alami pada buah tomat.

Zat likopen inilah yang membuat buah tomat menjadi buah atau sayuran yang kaya akan manfaat, buah tomat sangat baik sebagai anti aging (penuaan), buah tomat juga sangan baik mencegah penyakit cardiovascular. Sebagian orang apabila melihat tomat berkeinginan untuk langsung mengkonsumsinya tanpa dimasak terlebih dahulu. Tapi ternyata dengan mengolah buah tomat atau memasaknya terlebih dahulu akan meningkatkan manfaat dari buah tomat itu sendiri.

Apabila anda memasak buah tomat, maka zat likopen pada tomat Dibalik Cerahnya Tomat akan meningkat, karena pada proses memasak, buah tomat akan mempertahankan karotenoid atau pigmen pada tomat tersebut, sehingga tubuh dapat menyerap lebih banyak zat tersebut. Tidak sulit untuk mengolah buah tomat, anda dapat mengolah buah tomat menjadi sambal tomat, pasta tomat, ataupun jus tomat, pastikan anda merebus buat tomat terlebih dahulu sebelum dihaluskan.

Walaupun manfaat buah tomat akan meningkat apabila dimasak, memasaknya pun perlu perhatian lebih, jangan memasak buah tomat terlalu lama, karena tomat tergolong buah yang lunak dan cepat masak, masaklah selama 2 – 3 menit saja untuk menjaga nutrisi dari tomat, atau jangan sampai merusak warna dan bentuk tomat tersebut.