Membentuk Otot Dada Dengan Superset

Membentuk Otot Dada Dengan SupersetProgramFitnes.com – Sudah tidak diragukan lagi otot dada adalah bagian dari otot besar yang akan mendongkrak penampilan anda sebagai seorang laki-laki. Dada yang terlihat bidang dan kekar akan lebih baik terlihat daripada yang rata.

Banyak sekali program latihan yang ditawarkan untuk membentuk otot dada. Namun dengan gaya hidup sekarang, anda mungkin memiliki keterbatasan waktu untuk berolahraga di gym. Pola latihan superset adalah solusinya, hanya dengan waktu yang singkat anda sudah bisa memaksimalkan latihan dan pertumbuhan otot dada anda. Berikut ini pola latihan superset untuk dada yang dapat anda coba  :

1. Superset A [5 Set]

a. Barbell Bench Press [Sampai failure/gagal setiap set]

b. Dumbbell Pull Over [12 Repetisi]

2. Superset B [5 Set]

a. Dumbbell Fly [12 Repetisi]

b. Incline Dumbbell Press [12 Repetisi]

3. Superset C [5 Set]

a. Bodyweight Dips [Sampai failure/gagal setiap set]

b. Cable Crossover [12 Repetisi]

4. Crunch [1 Set] [Sampai failure/gagal, minimal 30-50 repetisi]

5. Decline Crunch [1 Set] [Sampai failure/gagal, minimal 30-50 repetisi]

Panduan :

1. Pada pola latihan superset, gunakan beban sesuai dengan kemampuan anda, tidak terlalu berat dan tidak terlalu ringan. Pastikan dengan beban yang anda pilih, anda bisa menyelesaikan jumlah set dan repetisi yang sudah ditentukan.

2. Jeda istirahat antar set 20-30 detik, jeda istirahat antar superset 30-60 detik.

3. Pola latihan ini tidak diperuntukkan untuk pemula, namun apabila anda yang masih pemula ingin mencoba, pastikan anda didampingi orang lain (spotter).